Bolmong

Kinerja SKPD Bisa Dipantau Masyarakat dari Aplikasi AKSELERASI

BOLMONG – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan pemerintahan terus dibuktikan. Hal ini bisa terlihat dari digagasnya Aplikasi Kinerja SKPD Terintegrasi atau AKSELERASI yang dilaunching, Selasa (17/8). Aplikasi tersebut nantinya memperlihatkan zonasi capaian kinerja SKPD selama satu tahun sesuai delapan aspek. Nantinya, aplikasi ini juga akan menjadi “Raport” SKPD yang bisa diakses secara umum oleh masyarakat.

Kepala Inspektorat Bolmong, Rio A Lombone SSTP MH menjelaskan, nantinya hasil dari analisis kinerja masing-masing SKPD akan diinput ke dalam aplikasi tersebut. Analisis dilakukan oleh auditor Inspektorat.

“Nantinya akan dilakukan penilaian analisis kinerja oleh para auditor. Kemudian hasilnya akan diinput oleh Inspektorat ke dalam aplikasi,” ungkap Rio.

Pentolan STPDN Jatinangor ini menambahkan, setiap SKPD harus memenuhi indikator yang ada di delapan aspek. Mulai dari kinerja laporan keuangan, kinerja LKJIP, kinerja LPPD, kinerja proses pengadaan barang dan jasa, kinerja Dana Alokasi Khusus (DAK), kinerja Pendapatan Asli Daerah (PAD), kinerja belanja, dan kinerja TLHP.

“Nantinya semua itu ditotal dan akan menjadi realisasi kinerja masing-masing SKPD. Realisasi kinerja masing-masing SKPD ini nantinya terbagi atas tiga zona, yakni zona hijau, kuning dan merah. Semua realisasi kinerja ini akan terpampang di aplikasi AKSELERASI secara online,” tambah Rio.

Ada pun untuk action aplikasi tersebut, Rio menyebut akan mulai dilaksanakan pekan depan. Para auditor dan Inspektur Pembantu (Irban) yang ada di Inspektorat Bolmong pun telah secara simbolis diresmikan oleh Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Sekretaris Daerah (Sekda), Tahlis Gallang SIP MM.

“Mulai ada sosialisasi terkait dengan aplikasi AKSELERASI ini melalui zoom meeting. Untuk para pelaksananya sendiri, baik auditor atau pun staf inspektorat telah diresmikan oleh pimpinan daerah,” pungkas Rio. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: