Boltim

“MANIKULU” Bakal Jadi Maskot Pilkada Boltim 2015

Awaludin Umbola
Awaludin Umbola

BOLTIM — Jenis burung hantu yang memiliki panjang tubuh dewasanya hanya sekitar 22 cm dengan ekor yang panjang dan sayap yang meruncing, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan ditetapkan sebagai maskot resmi Pilkada Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) tahun ini.

Jenis burung hantu atau biasa disebut dengan bahasa adat Mongondow yakni “Manikulu” endemik gunung Ambang ini sengaja dipilih sebagai logo pilkada, karena habitatnya kian langka. Dan uniknya lagi, penyebaran burung hantu berbadan kecil ini  hanya didapati di kawasan Cagar Alam Gunung Ambang atau  di daerah hutan dengan ketinggian antara 1.100 hingga 1,700 m di atas permukaan laut.

Awaluddin Umbola, Ketua KPU Boltim, menjelaskan dipilihnya Manikulu sebagai maskot langkah untuk memperkenalkan kepada masyarakat karena penyebaran spesies burung hantu ini kian langka.

“Ini juga untuk kita mempermudah dalam mensosialisasikan tentang Pilkada yang akan dilaksanakan tahun ini. Untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Dipilihnya burung ini sebagai maskot tentu diharapkan pada Pilkada 9 Desember mendatang berkualitas,” terang Awaludin, saat di kantor KPU Boltim.

Oleh KPU, kata dia, penetapan burung ini sebagai maskot akan disodorkan lewat forum diskusi yang nantinya akan dihadiri para pemuka adat serta perwakilan tokoh masyarakat yang ada di Boltim. “diliriknya burung ini sebagai maskot, bisa diartikan burung ini adalah sebagai penanda, bisa menandakan kejadian baik dan buruk nantinya,”jelas Awaludin

Terkait dihapuskannya sayembara maskot, Awaluddin beralasan, bahwa masalah tersebut tidak diatur dalam peraturan komisi pemilihan umum (PKPU). “Ya, memang tidak ada aturannya di PKPU mengenai sayembara maskot Pilkada. Karena itu, kebijakannya masing-masing KPU,” tandasnya.

Dia mengaku, bahwa maskot Pilkada itu sama halnya dengan kegiatan sosialisasi. Namun untuk KPU Boltim sendiri tidak melakukan sayembara maskot karena sifatnya situasional. “Memang sayembara ini kita abaikan. Selain kita dikejar waktu yang mepet, sayembara ini ini hanya menyemarakkan pelaksanaan Pilkada saja,” tukas Umbola.(Sandy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: