Bolmong

20 Ribu Hektar Lahan Siap Ditanami Jagung

pertanian-bolmong-copy-1

BOLMONG – Musim hujan yang tak menentu di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow, membuat warga tak ingin berspekulasi tentang tanaman apa yang baik dan cocok untuk lahan pertanian yang mereka garap.
Salah satu petani Bolmong Subagio, mengatakan, dirinya masih belum bisa memastikan apakah akhir tahun ini akan menanam padi atau jagung. “Masih dilihat dulu kondisi cuacanya, kalau musim tanam padi sejak oktober sampai Desember, Januari ini juga masih bisa, tapi cuaca hujan juga tak menentu,” kata Subagio.
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Taufik Mokoginta mengatakan, untuk saat ini tanaman yang sangat cocok adalah tanaman jagung. “Hujan tidak menentu seperti ini sangat cocok untuk tanaman jagung,” jelas Taufik.
Dia menambahkan, jika terpenuhi waktu tanam pada bulan November ini, maka panen raya bisa pada bulan Januari atau Februari mendatang. “Kita akan panen raya awal tahun depan,” katanya.
Pj Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung SH mengatakan, Bolmong memiliki lahan seluas 20.000 hektar yang ditanami bibit bantuan 300 ton jagung. “Ini untuk mendorong dan mensukseskan program swasembada pangan, tanam padi, jagung serta kedelai,” tandasnya. (sal)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close