AdvertorialBolmong

Pemkab Bolmong Tuntaskan Penyaluran Bansos Tahap II

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menuntaskan penyaluran bantuan sosial tahap II di 15 kecamatan. Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow turun langsung menyerahkan bantuan sosial secara simbolis pada hari terakhir di empat kecamatan, yakni Passi Barat, Bilalang, Passi Timur dan Lolayan, Selasa (9/6). Sejak penyaluran pekan lalu, bupati didampingi Ketua DPRD Welty Komaling dan para jajaran Pemkab Bolmong. Pada setiap kesempatan, bupati menyampaikan bahwa penyaluran bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menurutnya, di Bolmong ada 8.370 Kepala Keluarga (KK) penerima. “Sengaja saya juga turun langsung untuk mengecek apakah bantuan benar-benar sampai kepada masyarakat penerima. Sebab Bolmong memiliki 15 Kecamatan dan 202 Desa/Kelurahan. Kita juga telah membahas untuk menyiapkan bantuan selama sembilan bulan dan terbesar di Sulut,” ungkap Yasti.

Lanjutnya, setiap penerima mendapat 36 kilogram beras jenis premium, 4 kilogram gula pasir, 2 liter minyak goreng dan 8 buah ikan kaleng. “Selain bantuan sosial, ada juga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana desa dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos. Untuk BST penerima di Bolmong berjumlah 10.010 kepala keluarga. Setiap kepala keluarga mendapat bantuan Rp 600.000 selama tiga bulan. Begitupun dengan BLT,” jelasnya.

Selain bantuan, Pemkab Bolmong juga telah menganggarkan bibit padi dan jagung serta pupuk. Ada juga bibit sayur-sayuran yang akan diberikan kepada ibu-ibu kelompok tani.

Penanganan akibat dampak Covid-19 kata Yasti, memang sangat menguras keuangan negara. Akan tetapi itu dilakukan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. Mulai dari bahan kebutuhan pokok, alat kesehatan hingga alat pelindung diri salah satunya masker berjumlah 325 ribu.

“Peralatan dari Dinas Koperasi dan UKM juga diberian, berupa mesin jahit, kain dril, setrika, gunting dan benang. Peralatan itu diberikan kepada kelompok UKM disetiap kecamatan,” tuturnya. Bahkan di setiap kunjungannya, Yasti terus mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Steven Kandouw atas kepedulian terkait penanganan dampak Covid-19 di Kabupaten Bolmong. “Lewat bantuan Pemprov Sulut, Bolmong paling banyak menerima bantuan. Salah satunya adalah BST. Begitu juga bantuan dalam bentuk natura dan bantuan masker yang sudah diterima Pemkab Bolmong untuk dibagikan kepada masyarakat,” tutupnya. (sal/adv)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: