Bolmong

Pemkab Terus Berupaya Kurangi Lahan Tidur

BOLMONG – Mulai tahun 2021 mendatang diharapkan tidak ada lahan tidur di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Pasalnya, wilayah perkebunan di Kabupaten Bolmong, terbilang besar sehingga membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, terus berupaya memaksimalkan kesejahtraan rakyat lewat pengolahan pertanian.

Hal itu seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Bolmong Remon Rattu. Menurutnya, untuk membuat tidak ada lahan tidur di Bolmong, pihaknya merangsang para petani dengan memberi bantuan berupa bibit jagung gratis. “Tahun ini Bolmong mengusulkan 25 ribu hektar bantuan bibit jagung, dan 10 ribu hektar ribu padi kepada para petani. Program ini agar tidak ada lagi lahan tidur di Bolmong, sehingga menjadi lahan yang bisa menguntungkan ekonomi para petani,” ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya menyalurkan bantuan ini langsung ke kelompok tani dan gratis tanpa ada pungutan biaya apapun. “Penyuluh kami mengawal langsung, sehingga bibit ini tersalur dengan baik,” tambahnya.

Mantan Camat Dumoga ini mengingatkan, apabila ada ada oknum yang tidak bertanggungjawab yang memperjualbelikan bibit tersebut akan tindak tegas. “Tiap kelompok tani selalu kita kontrol dan data, sehingga seharusnya anggota kelompok resmi yang dapat bantuan ini,” ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya telah bekerja sama dengan polisi untuk menindak oknum tak bertanggung jawab yang mempergunakan bantuan bibit gratis tersbut dalam bentuk jual beli. “Jangan sampai bantuan ini disalahgunakan  dan mulai diperjualbelikan,” tegasnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar supaya tidak muda percaya kepada oknum yang tidak bertanggungjawab. “Pokoknya sudah disosialisasikan dan ditegaskan. Jika ada yang mulai diduga menjual bantuan bibit gratis segera laporkan. Bantuan bibit jagung untuk 35 ribu hektar ini jumlahnya besar, untuk membantu petani supaya tidak perlu membeli bibit lagi,” imbaunya. (sal)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: