AdvertorialBolmong

Disdukcapil Bolmong Gelar Sosialisasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2018

BOLMONG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Sosialisasi Permendagri Nomor 19 tahun 2018 tentang peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang yang dilaksanakan di Gedung Rahmadina Lolak, Kamis (11/4).

Tahlis menyampaikan, bagaimana pentingnya peran desa dan kelurahan dalam menuju masyarakat yang tertib administrasi.

“Untuk ke depannya, sangadi dan lurah harus terlebih dulu melakukan scan atau mengimput berkas pengurusan Ktp-el, KK, dan berkas lainnya dari masyarakat setempat, setelahnya baru dibawa ke Disdukcapil,” katanya.

Hal ini kedepan harus diterapkan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.

Menurutnya, sesuai dengan Disdukcapil Nomor 19 tahun 2018, tentang peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan sebagaimana yang dimaksud dapat dilakukan melalui layanan terintegrasi atau jemput bola dari perangkat desa dan kelurahan.”Layanan terintegrasi yang dimaksud adalah akte kelahiran, KK dan Kartu Identitas Anak (KIA), akte kematian, dan ktp-el,” ujarnya.

Lanjut Tahlis, tertibnya administrasi dapat meminimalisir terjadinya kriminalisasi. “Contohnya dengan adanya ktp-el para penegak hukum dan Disdukcapil bisa tahu siapa yang suka menggandakan ktp-el. Dan juga dapat menangkap terorisme dari sidik jari yang berada di ktp-el, serta masih banyak lagi kegunaannya,” jelasnya.

Turut dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Disdukcapil Iswan Gonibala serta perwakilan dari 15 Kecamatan se-Bolmong. (sal/adve)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: