Bolmong

Pemilu Menghitung Hari, Bawaslu Libatkan OKP Sosialisasi Pengawasan

BOLMONG– Pelaksanaan pesta demokrasi, pemilihan presiden, anggota legislatif baik itu DPR-RI, DPD-RI, sampai dengan DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota, tinggal menghitung hari.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bolmong terus melakukan kegiatan pengawasan. Buktinya, usai lakukan kegiatan Media Gathering dengan Wartawan Biro Bolmong, kali ini Bawaslu lakukan sosialisasi pengawasan dengan melibatkan seluruh OKP di Kabupaten Bolmong. Kegiatan itu sendiri, digelar di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Menurut Ketua Bawaslu Bolmong Pangkarego, kegiatan pengawasan terus dilakukan, serangkaian aktivitas untuk memastikan proses tahapan pemilu terlaksana dengan sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Dala kegiatan, kami melibatkan masyarakat termasuk OKP sebagai motor penggerak dalam kesuksesan pemilu 2019,” ungkapnya.

Menurutnya, strategi yang dilakukan oleh Bawaslu yakni melakukan pencegahan, penindakan dan partisipatif masyarakat dan elemen dalam mensukseskan dan mengawasi pemilu 2019 ini.

“Ya, strateginya kita lakukan pencegahan sesuai dengan aturan Perbawaslu terkait dengan pengawasan. Dan melakukan identifikasi, pemetaan potensi rawan pelanggaran pada setiap tahapan pemilu,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya melakukan penguatan koordinasi dan peningkatan kerjasama antar lembaga yang terkait. Katanya, Bawaslu juga memberikan peringatan sejak awal, berupa himbauan apabila hasil kajian atas peraturan teknis pelaksanaan KPU menemukan ada hal-hal yang melenceng dari norma hukum yang telah diundangkan, Bawaslu Bolmong akan teliti dan awasi betul prosesnya sesuai dengan tugas Bawaslu.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Bolmong Erni Mokoginta menuturkan, OKP adalah bagian terpenting dalam suksesnya pemilu. Sehingga Bawaslu berharap ada andil yang besar dari para perwakilan OKP, melalui proses pengawasan sebab pengawasan Bawaslu terbatas dari Kabupaten sampai desa demi suksesnya pemilu serentak 2019.

“Mari sama-sama kita dijadikan ajang diskusi dan tukar informasi yang tak terpantau oleh Bawaslu demi terselenggaranya pemilu serentak yang jujur, adil, aman, dan sesuai undang-undang,” pintanya.

Hadir dal kegiatan itu, para peserta Organisasi Kemasyarakatan Pemuda baik dari HMI, Ansor, KNPI, GAMKI, Pemuda Muhammadiyah, Fatayat NU, Aisiyah, dan beberapa organisasi kepemudaan. (Ind)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: