AdvertorialBolmong

DPRD Bolmong Gelar Rapat Paripurna LPj APBD Tahun 2018

BOLMONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) gelar rapat paripurna, pembicaraan Tingkat II Penetapan Persetujuan atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Laporan Pertangungjawaban (LPj) Pelaksanaan APBD Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2018.

Rapat itu dilaksanakan di Ruang Paripurna DPRD Bolmong, Senin (29/7/) pukul 19.00 wita, dan dipimpin oleh Ketua DPRD Bolmong Wellty Komaling yang di dampingi Wakil Ketua I, Abdul Kadir Mangkat. Menurut Welty Komaling, pihak DPRD terus bersinegritas bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, demi memajukan Pembangunan di daerah ini.

“Berdasarkan UUD Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan UUD nomor 9 Tahun 2016, tentang perubahan kedua atas UUD 23 Tahun 2014, tentang pemerintah daerah pasal 320 mengamanatkan, bahwa kepala daerah menyampaikan Ranperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD paling lambat enam bulan sebelum tahun anggaran berakhir,” jelasnya.

Dia menambahkan, Kepala daerah dalam hal ini Pemerintah Daerah (Pemda) telah menyampaikan Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 dalam sidang paripurna DPRD yang dilaksanakan pada beberapa waktu lalu.

“Sehubungan dengan itu, maka DPRD telah menindaklanjuti Ranperda yang dimaksud, dengan mengadakan rapat-rapat dengan mitra kerja eksekutif, untuk membahas Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2018,” katanya.

Lanjutnya, Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2018 ini disetujui untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), oleh ke enam fraksi yang ada, yakni Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi PAN, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, dan Fraksi Kebangkitan Nasional Sejahtera.

“Ranperda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2018 telah disetujui menjadi Perda. Dan telah diserahkan kepada Bupati Bolmong untuk dikonsultasikan kepada Gubernur dalam rangka evaluasi Ranperda,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Bolmong yang telah selesai membahas, memberikan tanggapan, pandangan, saran, koreksi, serta masukan terhadap Ranperda, sehingga dapat ditetapkan menjadi Perda.

“Terkait dengan semua masukan dan saran yang disampaikan dalam paripurna ini, sepenuhnya akan menjadi perhatian dan pedoman bagi kami selaku pihak eksekutif dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah ini,” ucapnya.

Sekadar diketahui, Rapat Paripurna itu, di hadiri oleh Wakil Bupati Yanny R Tuuk, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Asissten II dan III, Para Kepala OPD dan para ASN, serta para Anggota DPRD Bolmong lainya. (Adve)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: