Bolmong

Sekda Sambut Baik 125 Mahasiswa KKN Unima di Bolmong

BOLMONG– Sebanyak 125 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) semester genap tahun ajaran 2018-2019 Universitas Negeri Manado (UNIMA), disambut baik Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang mewakili Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Senin (4/2) di kantor Bupati Bolmong.

Ratusan Mahasiswa KKN Unima itu, tersebar di sebanyak 13 Desa yang ada di Bolmong untuk melaksanakan KKN di Kabupaten Bolmong selama kurang lebih tiga minggu terhitung, sejak 4 Februari 2019 sampai dengan 25 Februari.

Dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKN Unima, Doktor Meike Imbar, M,Pd dalam laporannya mengatakan, awal Februari 2019 ini menjadi momen penting bagi kami Unima. Dimana UNIMA pada semester Enam ini menerjunkan sekitar 1.674 orang mahasiswa termasuk di Kabupaten Bolmong yang bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa kepada kehidupan keseharian masyarakat dan pemerintah serta memberikan bantuan sepenuhnya untuk melancarkan program pemerintah desa kepada masyarakat.

“Atas nama Rektor UNIMA dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow melalui Sekda Tahlis Gallang atas penyambutan yang begitu hangat dan bersahabat,” ucapnya.

Dirinya berharap, kiranya Kepala Desa (Sangadi) di 13 Desa yang akan ditempati oleh Mahasiswa KKN dapat membantu, mengarahkan dan membina Mahasiswa KKN UNIMA selama melaksanakan kegiatan KKN di desa. Katanya, sebagian besar Mahasiswa KKN kali ini berasal dari Kabupaten Bolmong, sehingga dirinya berharap agar dapat memanfaatkan kegiatan KKN ini dengan sebaik-baiknya.

“Sekaligus berharap semoga semangat Mototompiaan, Mototabian Bo Mototanoban dari masyarakat desa lokasi pelaksanaan KKN menjadi daya dorong untuk melaksanakan KKN dengan sukses demi kemaslahatan masyarakat dan Pemkab Bolmong sebagaimana yang kita harapkan bersama,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Bolmong Tahlis Gallang dalam sambutannya, mengatakan atas nama Pemkab Bolmong menyambut baik pelaksanaan KKN UNIMA di Kabupaten Bolmong sekaligus menyampaikan terima kasih karena sudah beberapa tahun berturut-turut, Kabupaten Bolmong selalu mendapat penghormatan ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan KKN.

“Hal ini merupakan berkah bagi kami selaku Pemkab Bolmong, karena berkaca dari pengalaman yang lalu-lalu, setiap pelaksanaan KKN pastinnya selalu meninggalkan hal-hal yang positif bagi masyarakat karena ada beberapa desa lokasi pelaksanaan KKN UNIMA Tahun 2018 lalu, sampai hari ini masih mengembangkan apa yang telah diajarkan oleh Mahasiswa KKN UNIMA tahun lalu,” jelasnya.

Dirinya meyakini bahwa mahasiswa KKN UNIMA kali ini juga akan meninggalkan hal-hal positif bagi masyarakat lokasi pelaksanaan KKN. Menurutnya, Mahasiswa KKN UNIMA yang berasal dari Daerah Bolmong Raya pasti rasa memilikinya lebih tinggi sehingga pengabdiannya pun harus tinggi karena melaksanakan KKN di kampung halamannya sendiri.

“Bagi Mahasiswa KKN yang mendapatkan lokasi di desa terpencil, justru akan lebih berkesan dan jadi tantangan tersendiri bila dibandingkan dengan lokasi yang hanya seputaran Ibukota Kabupaten Bolmong karena Mahasiswa KKN yang berada di desa terpencil lebih cepat beradaptasi, bersosialisasi dan berinteraksi dengan masyarakat desa itu sendiri karena masyarakatnya cenderung lebih kreatif dan inovatif bila dibandingkan dengan desa yang lebih dekat dengan pusat kota,” jelasnya.

Tahlis berpesan, tinggalkanlah hal-hal yang positif karena Kabupaten Bolmong saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan proses pembangunan, dimana Mahasiswa KKN UNIMA merupakan agen-agen pembangunan dan merupakan generasi masa depan penerus bangsa ini.

Lanjutnya, mulai 6 Februari 2019 akan digelar Musrenbang Tingkat Kecamatan dan diharapkan adik-adik Mahasiswa KKN dapat terlibat langsung dalam pelaksanaan Musrenbang Kecamatan tersebut, sekaligus belajar dan memperbaiki beberapa aspirasi masyarakat yang telah diusulkan melalui Musrenbang Desa karena anggaran yang ada di APBD harus diusulkan melalui Musrenbang, karena Pemkab Bolmong, lebih mengarah kepada paradigma kebutuhan masyarakat.

“Banyak ilmu yang tidak diperoleh secara teori waktu di bangku kuliah, tetapi dapat diperoleh di tempat melaksanakan KKN, sehingga Tahlis berharap semoga di tahun-tahun selanjutnya, Kabupaten Bolmong akan selalu menjadi tempat pelaksanaan Mahasiswa KKN UNIMA,” katanya mengakhiri. (Ind)

Sekadar diketahui, hadir dalam penyambutan Pemkab Bolmong kepada Mahasiswa KKN Unima masing-masint Koordinator Wilayah Mahasiswa KKN UNIMA, Doktor Anuardin Mokoagow, M.Kes, beberapa Dosen Pembimbing Lapangan diantaranya Doktor Meike Imbar, M.Pd, Drs. Djallan Mansur, M.Pd, Doktor Tini Mogea, M.Hum, Anita Kambey, SE, MM, Navel Mangelep, S.Pd, M.Pd dan Drs. Fat Runtu, M.Kes. Sementara dari Pemkab Bolmong turut dihadiri oleh Asisten Administrasi Pemmerintahan Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Bupati serta Para Kepala Dinas/Badan/Bagian serta Pejabat Pengawas dan Pelaksana di Lingkup Pemkab Bolmong. (Ind)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: