Bolmong

Perda Parkir Khusus di Tempat Fasilitas Umum Mulai Diterapkan

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong melalui, Dinas Perhubungan (Dishub) telah menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 21 Tahun 2010 tentang parkir khusus di tempat fasilitas umum.

Hal ini berdasarkan penuturan, Pelakasana Harian (Plh) Sekretaris Dishub Bolmong, Zulfadli Binol. Menurutnya, Perda ini diterapkan guna untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dishub Bolmong. “Jadi semua fasilitas umum yang dibangun mengunakan APBD, akan di kenakan biaya parkir sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur dalam Perda tersebut,” ungkapnya Kamis (24/1).

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Terminal dan Pelataran, Hamsir Rasidi SE, menjelaskan bahwa, penagihan retribusi parkir ini yang telah diatur dalam Perda ini, ada tiga kategori Perda. “Masing-masing Perda Nomor 19 Tahun 2010 Tentang Retribusi Terminal, Perda Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Parkir Tepi Jalan dan Perda Nomor 21 Tahun 2010 Tentang Parkir Khusus,” jelasnya.

Lanjurnya, saat ini juga Dishub Bolmong sedang membangun Pos di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang guna untuk melakukan penagihan retribusi parkir. “Retribusi parkir ini diwajibkan untuk semua jenis kendaraan yang mengunakan fasilitas umum baik itu roda dua maupun roda empat, terkecuali para pedagang itu tidak di wajibkan,” tuturnya.

Ditambahkan, saat ini Dishub Bolmong sudah menjalankan Perda Nomor 21 Tahun 2010 tentang parkir Khusus. Dimana fasilitas umum yang ada di Kecamatan Lolak, Khusunya Lapangan Daagon Lolak sudah dikenakan biaya parkir. “Jadi, kami sudah menerapkan retribusi parkir di lapangan Daagon Lolak, di sana sudah kami tempatkan petugas dari Dhisub,” katanya mengakhiri. (Ind)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: