AdvertorialBolmong

Tahlis Serahkan Bantuan ke 23 Kelompok Nelayan Tangkap di Bolmong

BOLMONG– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmong Tahlis Gallangmewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menyerahkan paket bantuan perikanan tangkap, kepada 23 kelompok nelayan tangkap di 5 Kecamatan Pesisir, Rabu, (23/1).

Bantuan yang dianggarkan melalui APBD tahun anggaran 2018 itu diserahkan
di lokasi galangan Kapal PT. Bitung Sarana Mulia, Desa Babo, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolmong.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bolmong Wahyudin Gonibala mengatakan, penyerahan sarana dan prasarana perikanan tangkap ini adalah salah satu upaya untuk mendukung visi dan misi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny R Tuuk, dalam mewujudkan kehidupan masyarakat nelayan di Kabupaten Bolmong yang lebih hebat dan sejahtera melalui percepatan kegiatan peningkatan sarana dan prasarana perikanan tangkap melalui bidang perikanan.

Menurutnya, 23 Kelompok nelayan tangkap penerima bantuan di 5 Kecamatan Pesisir yakni, Kecamatan Poigar 2 kelompok
Kecamatan Bolaang Timur 8 kelompok
Kecamatan Bolaang 5 kelompok
Kecamatan Lolak 7 kelompok
Kecamatan Sangtombolang 3 kelompok.

“Bantuan perikanan tangkap yang diserahkan kali ini masing-masing, Kartu Bantuan Premi Asuransi Nelayan yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2018 sebanyak 1102 kartu, Sarana dan Prasarana Perikanan Tangkap bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN Tahun Anggaran 2018 terdiri dari perahu, mesin tempel 15 PK, senar, alat pancing, pelampung beserta sarana tangkap lainnya sebanyak 14 Paket dengan total anggaran sebesar Rp. 1.178.100.000, dan mesin katinting 9 PK sebanyak 45 unit yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Kabupaten Bolmong Tahun Anggaran 2018 dengan total anggaran sebesar Rp. 314.820.000,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang dalam sambutannya mengatakan, paket bantuan perikanan tangkap yang diserahkan pada hari ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Bolmong, kepada para nelayan yang tergabung dalam kelompok, dan tentunya Pemkab dalam hal ini Dinas Perikanan pada saat menentukan kelompok penerima, dilakukan secara objektif serta terdapat kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi oleh kelompok penerima.

“Paket bantuan perikanan tangkap yang diterima oleh kelompok nelayan kali ini, diharapkan dapat digunakan bersama-sama dengan anggota kelompok lainnya karena paket bantuan ini bukan milik pribadi atau perorangan, sehingga pemanfaatannya juga harus bersama-sama dengan anggota kelompok lainnya,” tambahnya.

Lanjutnya, dengan adanya paket bantuan ini kiranya lebih memudahkan nelayan untuk mendapatkan ikan hasil tangkapan, yang pada akhirnya pendapatan ekonomi nelayan itu semakin meningkat.

Dirinya berharap kelompok nelayan penerima paket bantuan, supaya dapat menjaga dan memelihara berbagai sarana dan prasarana yang telah diserahkan sehingga dapat difungsikan dalam jangka waktu yang lama
“Sekaligus mengingatkan kepada kelompok penerima, agar tidak menjual paket bantuan yang telah diberikan karena tim dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bolmong setiap saat akan melakukan pemeriksaan dan pengecekan paket bantuan yang telah diserahkan,” harapnya.

Sekadar diketahui, hadir dalam kegiatan itu. Kepala Dinas PMD, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Sangtombolang, Para Camat dan Sekcam di Wilayah Pesisir, Sangadi Babo dan beberapa Sangadi Desa Penerima Paket Bantuan, Penyuluh Perikanan serta Kelompok Penerima Bantuan Paket Perikanan Tangkap. (Ind/Adve)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: