Bolmong

Cari TAHU Jo Menjadi Favorit Baru Pemburu Kuliner Ringan

BOLMONG – Kecamatan Dumoga Utara tak hanya dikenal sebagai barometer toleransi. Wilayah yang juga penghasil beras terbesar di Sulut ini juga menyimpan berbagai kuliner andalan. Salah satunya penganan yang berasal dari tahu. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini sangat mahal di negara lain, namun merupakan makanan yang merakyat di Indonesia. Tahu terkenal karena kandungan proteinnya yang tinggi dan mudah didapatkan dengan harga murah. Selain jadi lauk sebagai teman makan nasi, tahu juga menjadi camilan yang nikmat dan menggiurkan.

Di Desa Mopuya Kecamatan Dumoga Utara, kuliner dari tahu menjadi bisnis yang cukup menggiurkan. Salah satunya yang dijalankan Aning Maindar. Usaha yang baru dirintisnya 5 bulan lalu ini laris manis di Dumoga Utara. Di gerai kecil berukuran 2×1 meter, yang dinamakan ‘Cari TAHU Jo’ Aning mengkreasikan tahu menjadi camilan dengan berbagai rasa. Seperti Tahu Balado, Barbeque, Jagung Bakar, Balado, Balado Pedas Manis, dan Keju Manis. ”Tahu memang menjadi dasar utama jajanan ini. Selain itu ada juga pisang goroho stik. Tapi pembeli kebanyakan pesan tahu sebagai jajanan khas. Saya dibantu kakak laki-laki saya,” kata gadis berusia 29 tahun asal Desa Mopugad Selatan ini.

Pengalamannya sebagai marketing selama 3 tahun di sebuah perusahan minuman kesehatan di Manado, membuat ia cukup terlatih mengembangkan usahanya. “Saya melihat peluang bisnis kuliner dari tahu itu masih kurang. Makanya saya coba merintis usaha ini, mulai dari kampung saya,” kata Aning yang juga punya pengalaman kerja selama 1,5 tahun di perusahan makanan ringan. Hanya dengan Rp 5 ribu, pembeli sudah bisa membawa pulang jajanan tahu kreasi Aning. Sejumlah warga pun mengaku senang dengan jajanan tahu kreasi Aning ini. ”Keluarga saya di rumah penggemar tahu. Ini menjadi tempat jajanan favorit kami, apalagi tahunya diolah dengan berbagai rasa,” kata Ibu Miratun, salah satu pelanggan ‘Cari TAHU Jo’. Gerai tahu ‘Cari TAHU Jo’ dibuka di samping Indomaret perempatan Desa Mopuya Utara mulai pukul 3 sore hingga pukul 10 malam. (sal)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: