Bolmong

Inilah Kilas Balik Pemkab Bolmong di Tahun 2018

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) terus mengalami kemajuan di bawah kepimpinan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny Ronny Tuuk.

Buktinya, selama tahun 2018, banyak capaian keberhasilan serta yang dituai oleh pasangan Bupati dan Wabup Bolmong yang terpilih di Pilkada 2017 ini, mulai memimpin Bolmong sejak April pasca dilantik Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Setelah resmi mendapat SK dari Menteri Dalam Negeri, pasangan Yasti-Yanny langsung bergerak untuk mengatur kabinet kerja demi sebuah impian menuju Bolmong Hebat.

Berikut kilas balik kegiatan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk serta keberhasilan yang diraih jajaran Pemkab Bolmong sepanjang 2018.

Kabinet kerja dilantik

Untuk melaksanakan tugas awal pemeritahan, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menyusun kebinet kerja dengan melantik ratusan pejabat di lingkup Pemkab Bolmong Jumat 5 Januari 2018.

Acara pengukuhan, pengambilan sumpah janji jabatan itu dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bolmong.

Pejabat yang diambil sumpah masing-masing yakni satu orang eselon II, eselon III, dan sebagian pejabat eselon IV serta sejumlah pejabat fungsional.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat melantik para pejabat di awal Januari 2018. Dalam sambutannya, Yasti meminta kepada para pejabat agar melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kendati banyak yang tidak dilantik, namun Bupati juga tak lupa memberikan apresiasi atas kinerja yang diberikan untuk daerah ini.

Dalam pelantikan ini ada dua ratusan lebih pejabat yang diambil sumpah. Bupati menyatakan, pelantikan pejabat ini dilakukan berdasarkan kebutuhan organisasi perangkat daerah yang baru. Terkait dengan kondisi tersebut, perlu dilakukan penataan agar pejabat yang ditempatkan sesuai dengan kapasitasnya.

Bolmong Salah Satu Daerah yang Dapat Program Padat Karya Cash

Upaya Pemkab Bolmong terus dilakukan, lobi yang dilakukan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow membuahkan hasil. Di mana program padat karya cash yang akan dimulai Januari 2018, tampaknya menjadi keberuntungan bagi daerah lumbung beras ini.

Program yang diluncurkan perdana oleh Presdien Joko Widodo ini, hanya akan menyasar untuk 12 kabupatenyang tersebar di 10 provinsi.

Dari 12 kabupaten itu, Kabupaten Bolmong termasuk salah satunya. Bolmong daerah satun-satunya di Sulawesi Utara yang mendapatkan program padat karya cash.

Untuk Bolmong sendiri, program padat karya akan focus untuk proyek infrastruktur. Rencana akan dikerjakan secara swakelolah dengan melibatkan masyarakat setempat.

Sejumlah Menteri Didatangkan ke Bolmong

Setelah Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didatangkan ke Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), kini ada dua Menteri yang melakukan kunjungan kerja, yakni Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Wabup Yanny Melantik 20 Kepala Desa

Wabup Yanny melantik dua kepala desa definitif dan 18 Penjabat sementara Kades di Kabupaten Bolmong. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah itu dilaksanakan di ruang rapat sekretariat daerah Rabu 28 Maret 2018.

Menurut Yanny sesuai dengan peraturan perundang-undangan, mengamanatkan kepala desa berhenti karena berakhir masa jabatannya, sehingga untuk mengisi kekosongan pemerintahan di desa, harus dilaksanakan penggantian Kades dengan mengangkat penjabat Kades yang berasal dari PNS.

Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk mewakili Bupati saat melantik Tujuh Penjabat Kepala Desa Dengan demikian, pelantikan dan pengambilan sumpah, merupakan implementasi dari peraturan perundang-undangan tersebut.

Acara pelantikan dan pengukuhan itu turut disaksikan Sekda Bolmong Tahlis Gallang, para asisten dan para kepala SKPD.

Sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan di desa, Kepala Desa merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggungjawab setiap keputusan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa. Karena keberhasilan pembangunan di desa sangat ditentukan oleh kepemimpinan Kades.

Yasti Hadiri Rapat Kerja yang Dibuka Wakil Presiden Yusuf Kalla

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menghadiri rapat kerja pemerintah membahas kemudahan berusaha di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu 28 Meret 2018.

Raker dengan topik “Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Daerah” itu berlangsung di Hall B3 JI-Expo Kemayoran, Jakarta yang dibuka Presiden Jokowi juga dihadiri Wakil Presiden Yusuf Kalla.

Selain Presiden dan Wakil Presiden, turut dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Kerja, sejumlah bupati/wali kota, pimpinan DPRD kabupaten/kota se Indonesia.

Rapat Kerja Pemerintah ini ditujukan untuk mempercepat realisasi investasi di daerah.

Rapat kerja itu juga membahas bagaimana mempermudah proses investasi di daerah masing-masing yang diharapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh sekitar 6 sampai 7 persen per tahunnya.

Buka MTQ ke- XXVII Tingkat Kabupaten

Musabah Tilawatil Quran ke XXVII tingkat kabupaten yang dipusatkan di Lapangan Daagon Lolak dibuka Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow Senin 26 Maret 2018. Pembukaan MTQ ke- XXVII itu diawali dengan tarian khas Bolmong.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, Bolmong adalah daerah ke Enam yang melaksanakan MTQ dari seluruh daerah yang ada di Provinsi Sulut.

Bupati berharap pelaksanaan MTQ ke- XXVII tidak hanya seremonial saja. Akan tetapi kegiatan ini dijadikan sebagai tradisi untuk masyarakat dan bangsa.

Selain menjadi media dakwa dan syiar keagamaan yang efektif, juga telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan daerah khususnya dalam bidang keagamaan.

Bolmong Miliki ATM Beras

Pemkab Bolmong meluncurkan ATM Beras untuk memenuhi kebutuhan beras bagi masyarakat miskin di daerah ini. Untuk peluncuran ATM beras itu, baru 150 warga yang menerima ATM.

Peluncuruan ATM beras itu dilaksanakan usai upacara HUT Kabupaten yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Jumat 23 Maret 2018.

“Penggunaaan ATM Beras ini baru diperuntukan 150warga. Mesinya baru unit,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bolmong Hasran Tongkukut.

Ia mengatakan, untuk tahap awal pihaknya menurunkan satu unit mesin ATM Beras dan akan ditempatkan di Kecamatan Lolak.

ATM Beras memudahkan masyarakat penerima beras. Namun bagi yang menerima ATM beras ini di luar dari warga penerima beras sejahterah.

Menurut Bupati, ATM Beras itu sengaja diberlakukan agar warga kurang mampu selama ini bisa menggunakan rastra bisa mengakses beras berkualitas.

Lakukan Pertemuan dengan PT Conch Bicarakan Soal Tenaga Kerja

PT Conch yang bergerak di bidang semen, dipastikan akan merektur 600 orang tenaga kerja. Hal itu dibicarakan pada pertemuan antara pimpinan PT Conch dengan Pemkab Bolmong. Secara terbuka perusahan ini telah menyerahkan perekrutmen tenaga kerja ke pemerintah daerah.

Direktur Utama PT Conch Mr Zeng melalui juru bicara Sujino mengatakan, nantinya, pada tahap berikut akan ditambah lagisekira 500-600 tenaga kerja namun interval waktunya sekira 2 tahun.

Menurut Sujono, untuk tahap pertama ini pihak perusahaan hanya merekrut tenaga kerja sebanyak 500-600 orang yang terdiri dari tenaga administrasi, teknisi, buruh, klining servis, termasuk bagian dapur perusahaan.

Bupati mengatakan, kewenangan untuk rekrutmen tenaga kerja PT Conch sudah diserahkanke Pemkab Bolmong. Nantinya, jika ingin melamar pekerjaan di PT Conch harus mengambil rekomendasi dari Pemkab Bolmong dengan mendapatkan kartu AK1 (antar kerja) dari Dinas tenaga kerja dan transmigrasi.

Menurut Yasti, pemerintah daerah akan memprioritaskan para pekerja yakni warga Bolmong. “Kita tentunya akan memprioritaskan warga Bolmong untuk melamar kerja di perusahaan tersebut,” katanya.

Jembatan di Desa Mengkang Diresmikan

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow meresmikan jembatan yang ada di Desa Mengkang Kecamatan Lolayan, Kamis 15 Maret 2018.

Jembatan tersebut merupakan salah satu akses bagi warga yang akan menuju ke perkebunan yang dibangun dengan dana desa tahun anggaran 2017.

Saat tiba di Desa Mengkang Bupati dan rombongan disambut Tarian Tuitan atau tari khas Suku Mongondow untuk menjemput tamu.

Bupati menyampaikan ucapan terima kasih danapresiasi kepada Pemerintah dan masyarakat Desa Mengkang yang telah turut serta dan berpartisipasi aktif dalam melestarikan budaya leluhur orang Mongondow. Dan hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemerintah.

Menurut Bupati, selain melestarikan adat dan budaya, Kepala desa dan masyarakat Desa Mengkang sangat kreatif menciptakan inovasi baru yang sama-sama digunakan oleh seluruh masyarakat, yaitu teknologi mikrohidro atau biasa disebut dengan kincir air yang berfungsi untuk membangkitkan energi listrik sebesar 10.000 volt yang mampu melayani sejumlahrumah yang ada di Desa Mengkang.

Usai meresmikan jembatan, Bupati meninjau rumah adat Mongondow. Menurut warga setempat disebut rumah adat Monibi, yang didalamnya terdapat benda asli yang digunakan oleh Suku Mongondow sebelum era moderen saat ini dan kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon Cempedak yang ditanam di halaman rumah adat Monibi.

Terima Penghargaan Top Pembina BUMD 2018

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mendapat penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tahun2018 atas Perusahan Air Minum Daerah (PDAM) yang diselenggarakan Majalah Businiss News. Dari 2000 an BUMD yang diseleksi, PDAM Bolmong selaku BUMD masuk nominasi 200 BUMD terbaik se-Indonesia.

Penghargaan yang diterima Bupati sebagai Top Pembina BUMD 2018, karena mampu memperbaiki system manajemen yang ada di PDAM Bolmong yang nyaris bangkrut.

Kegiatan TOP BUMD 2018 setiap tahun diselenggarakan oleh majalah Business News Indonesaia bekerja sama dengan Asia Business Researc Center, serta beberapa lembaga tim penilai seperti SGL management, PPM, Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani L Harriman dan Asossociate, Harvard Intellectual Business Community dan Alvara Strategi Indonesia.

Kegiatan Top BUMD 2018 ini diikuti oleh 2.000 an BUMD di seluruh Indonesia dan menyeleksi 200 BUMD terbaik.

Untuk PDAM Bolmong menerima Top BUMD 2018 penghargaan dibidang Turn Arround Manajemen. Sedangkan Yasti Soepredjo Mokoagow selaku Bupati Bolmong menerima penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2018.

Tetapkan Sembilan Program Prioritas 2019

Pemkab Bolmong pada tahun anggran 2019 mendatang menetapkan Sembilan program prioritas. Kesembilan program tersebut muncul saat Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang dilaksanakan di Balai Peremuan Umum (BPU) Yadika, Senin 9 April 2018.

Kepala Bappeda Bolmong Yarlis Awaludin Hatam mengatakan, kesembilan program yang akan dilaksanakan tersebut yakni peningkatan infrastruktur akses dan kualitas pendidikan, akses dan kualitas kesehatan, kualitas birokrasi dan pelayanan publik, pengembangan UMKM dan Koperasi, peningkatan perlindungan kesos, pengembangan pariwisata, revitalisasi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, pembangunan sumber daya alam dan lingkungan hidup serta iklim investasi dan usaha.

“Tentunya usulan ini tidak lepas dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati,” kata Yarlis.

Sekda Bolmong Tahlis Gallang saat memaparkan Sembilan program prioritas 2019 mendatang menuturkan, Musrenbang merupakan bagian dari sistem perencanaan pembangunan yang bertujuan menjaring aspirasi masyarakat, sebagai salah satu bahan penyusunan RKPD tahun anggaran 2019 mendatang.

Pemecatan PNS yang Tak Taat Aturan

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait pemecetan Tujuh PNS dengantidak hormat. Pemecetan kepada Tujuh PNS karena terbukti dan inkra melakukanKorupsi.

Pemberhentian tersebut merujuk pada Undang Undang Aparatur Sipil Negara Nomor:5 Tahun 2014 (UU ASN No:5/2014), Pasal 87 ayat 4 dan Peraturan Pemerintah Nomor:11 Tahun 2017 (PP No:11/2017) Tentang Manajemen PNS.

Hukuman disiplin Pemecatan Tidak Dengana Hormat (PTDH) kepada Tujuh PNS berlangsung sebelum upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 di Halaman Upacara Kantor Bupati Bolmong Senin 21 April 2018).

Melakukan Pertemuan Menteri PUPR Tindaklanjuti Pelebaran Jalan Nasional

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bertemu dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Senin 14 April 2018.

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Menteri itu, Bupati menyampaikan beberapa permasalahan terkait dengan sarana infrastruktur di Bolmong termasuk rencana pekerjaan pelebaran jalan Nasional Segmen 1 sepanjang Empat kilometer untuk Tahun 2018 ini.

Proyek pelebaran jalan nasional itu sebelumnya telah ditinjau bersama dengan tim dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XV Sulut-Gorontalo.

Bupati Bolmong menyampaikan, bahwa Pemkab Bolmong saat ini telah siap lahan untuk proses pelebaran jalan dan lahan yang telah siap adalah lahan yang dihibahkan oleh masyarakat kepada Pemkab Bolmong.

Wabup Bolmong Irup Upacara Hardiknas

Pemkab Bolmong memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Rabu 2 Mei 2018).

Dalam upacara yang digelar di Halaman Kantor Bupati Bolmong itu, Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk menjadi Irup dan membcakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy.

Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk
dalam peringatan Hardiknas 2018, yang ditetapkan 2 Mei merupakan tanggal kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, seorang tokoh pendidikan Indonesia, yang kemudian lebih dikenal dengan nama, Ki Hadjar Dewantara.

Yanny mengatakan, Hardiknas 2018 ini mengambil tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

Hardiknas kali ini, juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi, terhadap usaha – usaha yang telah kita perjuangkan dibidang pendidikan.

Yasti Buka Perayaan Kulipot

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bersama jajaran Pemkab Bolmong menghadiri perayaan hari raya Kulipot (Ketupat) yang dilaksanakan di Desa Mopait Kecamatan Lolayan Sabtu 23 Juni 2018.

Ribuan warga tumpah ruah bersama jajaran pemerintah hadir membagi suka cita dalam perayaan tersebut.

Menurut Bupati, perayaan Kulipot pasca Idul Fitri harus dimaknai untuk menyempurnakan kemenangan dan kesucian setelah melaksanakan puasa dan ibadah di bulan suci Ramadan. Selain itu harus dimaknai sebagai sarana untuk mempererat tali silahturahim, persaudaraan dan kebersamaan antar warga sekaligus lebih memperkuat komitmen dan tekad kita.

“Hari raya Kulipot merupakan ide kreatif masyarakat Desa Mopait sejak 2011. Dimana hal itu untuk memanifestasikan kearifan lokal dan moment pasca hari raya idul fitri dengan mengangkat kuliner khas Bolmong,” kata Bupati.

Menerima Satu Unit Mobil P2TP2A

Pemkab Bolmong melalui Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak menerima bantuan satu unit mobil.

Setelah diterima, kunci dan STNK langsung diserahkan ke Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bolmong Farida Mooduto.

“Alhamdulilah sudah diserahkan tadi oleh Pak Wakil Bupati,” ujar Farida Rabu 25 Juli 2018.

Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk menyerahkan kunci mobil kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Farida Mooduto

Farida menjelaskan, mobil tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak atas usulan pada Maretlalu.

Mobil tersebut difasilitas dengan peralatan dan bertujuan untuk memperluas jangkauan pelayanan penanganan, pencegahan, dan pemberdayaan korban kekerasan terhadapperempuan dan anak.

Mobil tersebut juga lanjutnya, diperuntukkan sebagai bantuan kendaraan operasional pada P2TP2A khususnya kepada perempuan dan anak yang menjadi korban tindak kekerasan dan memerlukan pelayanan P2TP2A.

“Jadi tujuannya untuk memperluas jangkauanpelayanan korban kekerasan, menjemput dan mengantar korban kekerasan, terutama dalam proses konseling, trauma healing, persidangan dan rehabilitasi serta tereintegrasi sosial. Mempercepat pelayanan korban kekerasan, promosi pencegahan kekerasan, peningkatkan frekuensi koordinasi dan intensitas pendampingan korban serta meningkatkan peran provider atau penyedia layanan dalam menangani kasus dan mendampingi korban kekerasan,” jelasnya.

Bupati Bolmong Canangan BBGRM Ke- XV

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XV, Tahun 2018 yang dilaksanakan di Desa Bangomolunow Kecamatan Bolaang Kamis (12/7).

Menurut Bupati, pelaksanaan kegiatan pencanangan BBGRM ke-XV ini, sebagai upaya kita semua dalam mendorong semangat seluruh masyarakat desa di Bolmong dalam rangka menggiatkan dan menggalakkan kembali semangat gotong royong, atau yang dalam bahasa Mongondow dikenal dengan istilah “Moposad”.

Bupati mengungkapkan, BBGRM merupakan momentum bagi kita semua untuk mengingatkan kembali tentang arti penting gotong-royong, terutama kepada generasi muda sebagai generasi penerus di daerah ini.

BBGRM ini dinilai akan mampu memberikan dukungan keberhasilan, dalam membentuk sosial budaya keluarga serta masyarakat yang kondusif dalam pembangunan, sebagaimana tujuan dari pelaksanaan ini.

Bupati Tinjau Manajemen Pertanian di Australia

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow masuk bersama delegasi Indonesia mengunjungi Rockhampton, Australia.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bersama delegasi Indonesia saat mengunjungi Rockhampton Australia tempat peternakan sapi yang dipimpin Delegasi Suharso Monoarfa,
Kenjungan itu untuk mempelajari lebih lanjut tentang penelitian lokal, serta melihat manajemen ternak dan pertanian yang presisi.

Delegasi tersebut dipimpin Suharso Monoarfa, anggota Dewan Penasehat Presiden Indonesia.

Kelompok ini mengunjungi Pusat Inovasi dan Penelitian Cakra Sentral CQUniversity (CQIRP), Stasiun Penelitian Belmont, danPertukaran Ternak Queensland Tengah sebagai bagian dari tur dua hari di kawasan itu.

Anggota delegasi memilih Rockhampton sebagai basisuntuk tour Australia mereka. Karena mereka memiliki minat dalam belajar lebih banyak tentang penelitian daging sapi dan sistem manajemen pertanian, karena permintaan untuk daging sapi tumbuh di Indonesia.

Wakil rektor CQUniversity, Profesor Scott Bowman mengatakan kunjungan delegasi itu untuk belajar tentang penelitian CQ University tentang pengelolaan ternak yang teliti dan program pendidikan dan pelatihan pertanian Universitas.

Bupati Kukuhkan Anggota Paskibra 2018

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow mengukuhkan dan melantik para anggota Paskibra tahun 2018 Rabu 15Agustus 2018.

Pelantikan dan pengukuhan itu berlangsung di Kantor Bupati Bolmong yang turut dihadiri sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama, para pembina, pelatih, offisial, purna Paskibra, panitia serta para orang tua anggota Paskibra.

Pengukuhan diawali dengaan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengucapkan janji sebagai anggota Paskibra dan mencium bendera merah putih.

Usai mengukuhkan, Bupati menyampaikan selamat atas pengukuhan sebagai anggota Paskibra Kabupaten Bolmong.

Menurutnya, anggota Paskibra adalah para pelajar pilihan dari SMA dan SMK yang terseleksi di Kabupaten Bolmong. “Saya bangga dan ini tugas mulia,” kata Bupati.

Pengukuhan dan pelantikan pada hari ini memiliki makna yang mendalam. Sebab sejak jauh hari sebelumnya telah ikut pembinaan dan latihan dengan ikhlas, disiplin dan berani bertanggungjawab untuk mengemban tugas dan kepercayaan yang telah diberikan.

Buka Posko Bantuan Untuk Korban Gempa di Palu

Pemerintah Kabupaten Bolmong membuka posko penerimaan bantuan bagi korban gempa di Palu Sulawesi Tengah. Setelah terkumpul, bantuan tersebut rencananya akan dibawa langsung ke Palu, untuk disalurkan kepada para korban yang membutuhkan.

Pemkab Bolmong melepas rombongan kendaraan yang mengangkut bantuan untuk korban gempa Palu dan Donggala
Menurut Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang, Bupati Bolmong Yasti Soepredo Mokoagow telah memerintahkah agar BPBD Bolmong segera membuka posko bantuan guna membantu bagi warga korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah.

Posko tersebut terpusat di Kantor BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow Jalan Trans Sulawesi Desa Lalow Kecamatan Lolak Call Center :0822-3200-3400

Yasti Buka Kanaval Lintas Etnis

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, teruslah perkuatrasa nasionalisme.

Hal itu dikatakannya saat membuka karnaval pembangunan lintas etnis, budaya dan agama di Kecamatan Dumoga Utara dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018.

Bupati Bolmong saat memberiikakn sambutan pelepasan Karnaval
Menurut Bupati karnaval pembangunan lintas etnis, budaya dan agama yang dilaksanakan di Kecamatan Dumoga Utara ini sebagai bentuk solidaritas dan toleransi antar sesama umat beragama di Kabupaten Bolaang Mongondow, sekaligus sebagai sarana penyampaian berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat.

“Terus perkuat rasa nasionalisme kita sebagai bentuk penghormatan kita kepada parapejuang,” ujar Bupati Sabtu (18/8).

Karnaval ini juga sebagai bantuk penyamapaian proses pembangunan yang dilaksanakan oeh pemerintah sudah sejauh mana keberhasilan pembangunan yang telah dicapai.

Bupati mengungkapkan bahwa Kecamatan Dumoga Utara merupakan barometer kerukunan bukan hanya di Sulawesi Utara, tetapi baro meter kerukunan di Indonesia. Karena Duumoga Utara adalah Indonesia mini di Kabupaten Bolaang Mongondow, yang di dalamnya terdapat berbagai etnis, suku bangsa, agama dan budaya yang telah lama hidup rukun dan damai di daerah ini.

Bahas Penambahan Luas Lahan Bandara

Pemkab Bolmong menggelar rapat koordinasi terkait penambahan lahan Bandar Udara (Bandara) Raja Loloda Mokoagow di ruangan rapat Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Jumat 26 Oktober 2018.

Rapat yang dilaksanakan di ruangan kerja Asisten II dihadiri oleh para Kepala Perangkat Daerah yakni Kadis PU dan PR, Kepala Badan Keuangan, Kadis Perhubungan, Kadis Lingkungan Hidup dan beberapa pejabat Eselon III dan unsur Pemerintah Kecamatan/Desa.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bolmong, Ashari Sugeha mengatakan, rapat tersebut adalah tindaklanjut pembangunan Bandara yang terletak di Desa lalow, Kecamatan Lolak.

Menurut Ashari, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow meminta, agar penambahan luas lahan segera dibahas.

Dapat Kepercayaan Lakukan Pelepasan Tanda Peserta di Diklat Kepemimpinan

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menerima sertifikat sekaligus sebagai peserta. Selain itu Bupati didauluat untuk melakuan pelepasan tanda peserta pembekalan kepemimpinan pemerintahan dalam negeri gelombang II yang dilaksanakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri RI Rabu 28 November 2018.

Kegiatan yang berlangsung dua hari itu ditutup Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI Hadi Prabowo yang diikuti para Bupati,Walikota, Wakil Bupati dan Wakil Walikota dan Ketua DPRD kabupuaten kota se Indoneesia.

Bupati Bolaang menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri sebagai perwakilan peserta dan penerima sertifikat.

“Ini merupakan bentuk kepercayaan pihak Kementerian Dalam Negeri RI kepada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow,” tuturnya.

Menurutnya dari sekian banyak kepala daerah wakil kepala daerah yang ikut dalam kegiatan tersebut, pihak Kemendagri RI memilih Bupati Bolaang Mongondow sebagai perwakilan kepala daerah yang mengikuti pembekalan kepemimpinan pemerintahan dalam negeri Tahun 2018 gelombang II.

Bolmong Terima Penghargaan HAM 2018

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly
Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) menerima penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tingkat nasional.

Penyerahan penghargaan tersebut dibuka Wakil Presden Jusuf Kallah di Kantor Kementrian Hukum dan HAM. Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menerima langsung penghargaan yang diserahkan Menteri Hukum dan HAM YasonaLaoly Selasa (11/12).

Wapres Jusuf Kallah saat memberikan sambutan diacara penyerahan penghargaan kepada sejumlah kepala daerah di Kantor Kementrian Hukum dan HAM

Penghargaan dari Kemenkum dan HAM kepada kabupaten/kota ini berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-01.HA.02.02 Tahun 2018 tentang penetapan kabupaten kota peduli HakAsasi Manusia pada tahun 2017.

Usai menerima penghargaan, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengaku bangga atas raihan penghargaan ini.

Pemkab dan DPRD Bolmong Tetapkan APBD 2019

Setelah melalui beberapa tahap pembahasan,akhirnya DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bolaang Mongondow(Bolmong), menggelar rapat paripurna penetapan dan persetujuan aras rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah(APBD) Kabupaten Bolmong, Tahun anggaran 2019.

Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Bolmong dihadiri30 anggota legislatif yang dipimpin Ketua DPRD Welty Komaling. Sementara dari pihak eksekutif hadir langsung Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow,Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallag, serta jajaran pimpinan SKPD.

Dalam penyampaiannya Ketua DPRD mengucapkan terima kasih kepada para anggota DPRD Bolmong yang telah menyampaikan laporan hasil pembahasan Ranperda APBD Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2019, yang disertai dengan penyampaian dan pendapat akhirfraksi.

Ranperda Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2019yang dibahas bersama pemerintah daerah dan DPRD Bolmong merupakan rencanakeuangan tahunan yang nantinya berfungsi sebagai otorisasi, perencanaan,pengawasan, alokasi, distribusi dan stabilitasi.

“Pembahasan Ranperda APBD Kabupaten Bolmong tahun angatan 2019 adalah amanat Undang-Undang, mengingat pentingnnya peram APBD tersebut,” ujar Welty Jumat (30/11).

Ada pun pendapat akhir dari enam fraksi di DPRDBolmong yang menerima agar APBD 2019 ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bolmong.

Sementara itu Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, dalam sambutannya menyampaikan, pihak DPRD dan Pemkab telah melaksanakan pembahasan yang sistematis dan terencana, guna menyamakan persepsidan pemahaman terhadap setiap perencanaan pemerintahan dan pembangunan, yang dituangkan ke dalam berbagai program dan kegiatan yang ada di setiap perangkat daerah. (Ind)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: