Bolmong

Rp 66 Miliar Aset Bolmong Raib

Aset bergerak di Pemkab Bolmong
BOLMONG— Pemekaran daerah Bolaang Mongondow Raya (BMR) menjadi empat Kabupaten dan satu Kota, masing-masing Bolmong, Bolmong Selatan, Bolmong Timur, dan Bolmong Utara, serta Kota Kotamobagu lalu, menyisahkan problem Aset yang berkepanjangan.
Berdasarkan data dari Badan Keuangan Daerah (BKN), terdapat ada Rp.66 Miliar total aset yang tidak terindifikasi atau hilang. Dimana data tersebut merupakan akumulasi dari aset yang dihibahkan ke empat daerah hasil pemekaran Bolmong.
Kepala BKD Bolmong Fico Mokodompit melalui Kasie Pendayagunaan dan Peminda tanganan Michael Junus menyampaikan, hingga saat ini aset masih menjadi persoalan utama di Bolmong, yang mempengaruhi hasil opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dua tahun terakhir. “Problem utama disclaimer itu karena aset yang belum tuntas ke daerah pemekaran,” kata Michael.
Michel merincikan, aset yang diserahkan ke daerah pemekaran antara lain, Kota Kotamobagu sebesar Rp 59 miliar, namun yang diterima hanya Rp 35 Miliar, sementara Rp 17 Miliar tidak diterima. Adapun Kabupaten Bolmut total aset yang dihibahkan sebesar Rp 14 Miliar, yang diterima hanya 1,2 Miliar, dan belum diterima Rp13 Miliar. Begitu pun Kabupaten Boltim, yang dihibahkan sebesar Rp 40 Miliar yang diterima hanya Rp 35 Miliar, dan belum diterima sebesar Rp 5 Miliar. Yang terakhir adalah Bolsel penerima aset hibah terbesar yakni Rp 59 Miliar, namun yang diterima hanya Rp 29 Miliar, sementara sisanya 30 Miliar belum diterima. “Keempat daerah tersebut belum menerima sisa dana hibah karena telah melakukan identifikasi terlebih terhadap bukti aset di lapangan sebelum menerima, nyatanya sebagian aset tidak ada,” bebernya.
Menurutnya, total aset yang belum diterima dari keseluruhan aset yang dihibahkan ke daerah pemekaran dan provinsi berjumlah Rp 66 Miliar, itu meliputi aset tanah, peralatan mesin, jalan irigasi jaringan, dan gedung. “Sebagian besar tidak bisa diputihkan karena bukti fisik tidak ada,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: