Bolmong

Sudah 76,83 Persen Realisasi PAD Pemkab Bolmong

BOLMONG— Hingga akhir tahun 2018, reaalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong mencapai Rp 76,83 persen.
Capaian itu, dari target sebesar Rp 41 Miliar, dam merupakan hasil capaian dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan realisasi lainnya.
Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan dan Penagihan, Badan Keuangan Daerah (BKD) Candra Mokoginta, ada delapan perangkat daerah yang menjadi sumber PAD yakni Dishub, Disparbud, DPK, Dinkes, Disperindag dan ESDM, Badan pengelola rumah sakit, DPMPTSP dan BKD. “Kita optimis, PAD akan tercapai 100 persen hingga akhir triwulan IV. Karena biasanya nanti akhir tahun baru semuanya menyetor PAD,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala BKD Fico Mokodompit mengatakan, ada beberapa sumber projet yang bisa menambah atau mendongkrak PAD hingga akhir tahun. Katanya, seperti PAD dari pajak maupun retribusi dari dinas, maupun badan, hingga perkantoran.
Lanjutnya, pihaknya optimis target PAD 2018 akan tercapai. Sebab biasanya, pergerakan PAD ada pada pertengahan tahun atau mendekati akhir tahun. Salah satu langkah untuk memaksimalkan capaian PAD, pihaknya melakukan pendataan objek PAD baru. “Kami terus menggali potensi PAD. Selain itu tunggakan sejak tahun lalu tetap kami proses tahun ini,” katanya.
Dia manambahkan, salah satu cara memaksimalkan capaian PAD yakni melihat permasalahan yang dihadapi kemudian mencarikan solusi agar capaian PAD maksimal. Dengan demikian, model yang diterapkan seperti ini dapat menutupi yang lain bahkan mendongkrak capaian PAD. “Kita optimis bisa mencapai target. Saat ini proses perekapan masih terus dilakukan. Mudah-mudahan capaiannya akan maksimal hingga desember mendatang,” harapnya. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: