Bolmong

Masih Banyak ASN Bolmong Pulang Saat Jam Kerja

Abdusalam Bonde
BOLMONG— Seluruh Aparatur Sipil Nagara (ASN) di Lingkup Pemkab Bolmong, ditegaskan untuk meningkatkan disiplin kinerja. Hal ini menyusul, didapati sejumlah ASN yang hanya keluyuran dan pulang lebih awal saat jam kerja.
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bolmong, Umarudin Amba  mengatakan, ASN maupun tenaga honorer merupakan profesi yang sampai hari ini masih menjadi idola. Banyak yang masih berharap dan antri untuk menduduki profesi ini. Untuk itu pihaknya berharap agar jangan sia-siakan kesempatan dan tugas yang telah diberikan tersebut.
“Ya, seharusnya ASN itu pulang ketika jam kantor selesai, jangan hanya karena ada urusan pribadi kemudian mengabaikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi Bupati dan Sekda dalam setiap penyampaiannya selalu menegaskan tentang disiplin ASN,” kata Umarudin, Senin (3/9).
Dia menambahkan, untuk memaksimalkan kinerja serta disiplin ASN bukan hanya selalu bertumpu kepada BKPP. Peran dari pimpinan SKPD juga harus dipertanyakan, karena jika tidak ada pengawasan dari pimpinan instansi terkait maka para ASN yang sering bolos saat jam kerja tidak ada efek jerah.
“Proses penindakan kepada ASN yang nakal alias kumabal, itu dilakukan secara berjenjang. Jadi kalau ada ASN yang bermasalah dilingkup SKPD tersebut, maka diselesaikan terlebih dahulu di instansi masing-masing. Agar tupoksi dari Kasubag Kepegawaian di instansi tersebut benar-benar jalan,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Penindakan Disiplin, Fasilitasi Profesi dan Informasi Aparatur, BKPP Abdusalam Bonde menegaskan sesuai dengan ketentuan peraturan bahwa pembinaan dan penegakan disiplin pegawai menjadi tugas dan tanggungjawab atasan langsung.  “Jika terjadi pelanggaran disiplin maka yang wajib memanggil dan memeriksa pertama kali adalah atasan di SKPD masing-masing,” kata Bonde.
Lanjutnya, dalam hal pejabat yang berwewenang menghukum tidak memberikan sanksi disiplin, kepada pejabat atau stafnya, maka pejabat tersebut juga dikenai sanksi disiplin sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan oleh ASN yang bersangkutan.
“Kita mengajak seluruh pihak untuk sama membangun Kabupaten berjuluk lumbung beras ini. Jika tahun-tahun sebelumnya belum maksimal, maka ditahun 2018 ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya,” tegasnya.
Evaluasi diri, dan terus evaluasi. Mudah-mudahan tahun 2018 ini kita semakin bisa berinovasi dan membuat daerah ini semakin maju dalam segala bidang. Jangan abaikan tangung jawab “Seluruh ASN harus menjadi tim kerja yang baik, selalu berkoordinasi dan menjaga komunikasi aktif agar berbagai permasalahan dan persoalan dapat dipecahkan bersama,” jelas Ketua KNPI Bolmong ini. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: