Bolmong

Bahas Penutupan PETI Bakan, Komnas HAM Sambangi Pemkab Bolmong

BOLMONG— Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas Ham) Republik Indonesia (RI), sambangi Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkan) Bolmong, Rabu, (29/8).
Kunjungan tersebut, memabahas terkait masalah Pertambangan Emas di desa Bakan Kecamatan Lolayan, yang kini kembali ditutup oleh Kepolisian Resort Bolmong.
Hal ini dikatakan Asisten 1 Pemkab Bolmong B Derek Panambunan SE. Dirinya mengatakam, kunjungan dari tim Komnas HAM RI hari ini, sehari penutupan tambang emas di Blok Bakan lalu.  “Ada sekitar empat orang tim yang datang bahas bersama instansi yang terkait permasalahan tambang emas di Blok Bakan,” ujar Derek.
Dia menambahkan,  Komnas Ham dalam rapat tersebut mempertanyakan tentang kelanjutan penanganan kejadian tambang emas di Desa Bakan. “Kami telah jelaskan Pemkab Bolmong telah melakukan langkah upaya yang sifatnya pembinaan. Dan sudah disampaikan dalam rapat forkopimda Juni lalu. Terkait penutupan tambang emas di blok bakan,” jelasnya.
Meski demikian, untuk penutupan
tambang emas, penanganan kewenagannya  di Pemerintah Provinsi. “Pokoknya  Pemkab Bolmong terpadu selalu memberikan teguran terhadap pemodal yang lakukan aktivitas,” tegasnya.
Dalam hasil rapat tersebut lanjut dia, Komnas HAM meminta data lebih lanjut terhadap penanganan pasca pertemuan dengan Pemkab Bolmong.  “Rapat itu,  Dinas lingkungan hidup memanggil semua pelaku usaha tambang di Desa Bakan dalam kesempatan pertama, tergantung waktu dari pelaku usaha tambang. Untuk bahas penutupan tambang emas,” jelasnya.
Meski demikian, Pemkab tak membiarkan kejadian waktu lalu terulang lagi, tetap pemerintah mengutamakan perlindungan masyarakat. “Ya, lalu ada  sekitar enam orang yang korban akibat longsornya tambang emas bakan,” tuturnya.
Dibeberkan, operasi penutupan tambang emas di bakan oleh pihak kepolisian tak diketahui oleh Komnas HAM. Sementara, Pemkab Bolmong sudah tahu, sebab telah dibahas dalam rapat pertemuan dengan Forkopimda 12 Juni lalu,” jelasnya.
Menurutnya, bahkan kunjungan Komnas HAM hari ini tidak dijadwalkan sebelumnya.  “Saya pun tidak tau ada Komnas HAM yang datang, bertepatan saya dikantor dan dari Komnas Ham datang. Mereka sudah dua hari lakukan infestigasi di Bolmong soal tambang emas di Desa Bakan,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: