Bolmong

Bawaslu Terima Laporan Partai Perindo, Terkait KPUD Tolak Kepesertaan Perindo di Pileg 2019

Pangkerego
BOLMONG— Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)  Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), terima laporan partai Perindo, terkait ditolaknya berkas pengajuan daftar bakal calon anggota legislatif 2019 partai Perindo oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)  Bolmong.
Ketua Bawaslu Bolmong Pangkerego mengatakan, pihaknya telah resmi menerima laporan partai Perindo, dan sementara ditindaklanjuti. “Laporan mereka terkait masalah KPUD menolak berkas pengajuan daftar bakal calon anggota legislatif dari Partai Perindo,” kata Pangkerego.
Dia menambahkan, pihaknya hanya melakukan  pengawasan terkait perbaikan berkas bakal calon. “Laporan dari partai Perindo sementara dikaji dan tahapan prosesnya tegang waktu 14 hari. Intinya, tetap mengikuti peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.
Sementara itu,  Komisioner KPUD Bolmong Deandels Somboadile menjelaskan,  berkas pengajuan daftar bakal calon dari partai Perindo bukan ditolak tapi partai sendiri yang tak mendaftar di KPUD. “Sampai batas waktu yang ditentukan partai Perindo tidak mendaftar di KPUD,” imbuhnya.
Dia menjelaskan, partai Perindo memasukan berkas bakal calon tapi hanya melakukan register dan berkasnya tidak diinput. “Alasan operator partai tidak ada komputer dan pada malam itu juga kami menawarkan komputer KPUD tapi mereka saja tidak mau,” tandasnya.
Meski begitu,  KPUD waktu itu, memberikan batas waktu kepada partai Perindo 18 Juli pukul 09.00 Wita Pagi, namun hingga batas waktu yang diberikan habis, pihak partai tak kunjung tiba mendaftar di KPUD.   “Untuk Partai Perindo kami berikan kesempatan hingga tanggal 18 Juli pagi.  Ini bukan kesalahan kami tapi Partai Perindo sendiri yang tidak siap melakukan pendaftaran terhadap bakal calon,” ucapnya.
Dia menegaskan, pihaknya akan tetap menjalankan tahapan Pemilu sesuai aturan dari KPU pusat. “Saat ini waktu tahapan perbaikan dari partai yang mendaftarkan bakal calon dan hampir semua partai sudah lakukan perbaikan,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: