Bolmong

Awas! Kosmetik Kadaluarsa Mulai Beredar di Pasar Bolmong

BOLMONG— Warga masayarakat Bolaang Mongondow harus waspada, terutama para kaum perempuan pecinta produk kecantikan. Betapa tidak, produk┬ákosmetik ilegal dan kadaluarsa yang ada di sejumlah toko dan pedagang kaki lima di pasar mulai beredar.
Hal ini terbukti, saat tim gabungan Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag-ESDM), Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Pengawasan Obat dan Makananan (BPOM) serta pihak Kepolisian berhasil menyita ratusan kosmetik kadaluarsa di Pasar Tradisional Lolak dan Inobonto, Rabu (18/7) kemarin.
Kepala Bidang Promosi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disperindag-ESDM Bolmong Trestin Hapulu, inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan di dua pasar tersebut guna mencegah beredarnya produk yang tidak memenuhi standar kesehatan. “Jadi, dalam sidak itu, kami menyita ratusan kosmetik yang ada di sejumlah toko dan pedagang kaki lima kerena menjual kosmetik ilegal dan yang sudah kedaluarsa,” katanya.
Dijelaskan, produk yang tidak memiliki izin dari BPOM besar kemungkinan mengandung bahan berbahaya bagi tubuh. “Ya, misalnya untuk lipstik atau pewarna lainnya yang menganduk rhodamin atau pewarna sintetik, umumnya berwarna merah, sedangkan untuk pemutih wajah biasanya mengandung merkuri atau cairan logam perak,” ujarnya.
Beredarnya produk kosmetik berbahaya di dua pasar yang ada di Kabupaten Bolmong jelas Tresti, disebabkan kurangnya pengawasan dari pemilik dagangan. “Seharusnya, barang yang sudah dekat waktu kedaluarsa itu tidak lagi dijual. Dengan sidak ini terbukti pengawasan di tiap toko masih kurang,” ucapnya.
Dengan begtu, pihaknya mengimbau masyarakat harus lebih waspada sebelum membeli produk kosmetik. Selalu memperhatikan batas waktu berlaku dari produk. “Kepada para pengusaha maupun penjual, juga diimbau memeriksa produk makanan dan minuman yang dijual serta menjaga kebersihan tempat usaha untuk menghindari pencemaran produk dari serangga dan binatang pengerat. Dengan begitu diharapkan masyarakat merasa nyaman dan tenang dalam berbelanja,” imbaunya. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: