Bolmong

Keluarga Sadar Pemilu Sangat Dibutuhkan untuk Suksesnya Pemilu 2019

BOLMONG— Untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pemahaman dan sumbangsi masyarakat, terhadap Pemilihan Umum (Pemilu), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan sosialisasi dan pendidikan bagi keluarga agar sadar Pemilu tahun 2019.
Sosialisasi dengan tema forum warga berbasis keluarga dirangkaikan dengan acara Halal Bi Halal keluarga besar KPUD Bolmong dilaksanakan, Kamis (5/7), di kantor KPU Bolmong. Kegiatan itu juga turut dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara Salman Saelangi dan juga sebagai Korwil Bolmong raya.
Ketua KPU Bolmong Fahmi Gobel mengucapkan banyak terimakasih kepada para peserta mewakili setiap kecamatan serta pemilih pemula dan para panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Bolmong yang sudah hadir.
Fahmi menambahkan, pemahaman yang diterima oleh peserta ini, sasarannya untuk menyampaikan informasi terkini tentang Pemilu. “Kiranya apa yang sudah didapat melalui sosialisasi ini, bisa menjadi pengetahuan kita yang bisa kita informasihkan kepada orang lain. KPU Bolmong juga menyampaikan terimakasih kepada Komisioner KPU Provinsi Sulut Salman Saelangi yang telah bersedia hadir untuk memberikan pemahaman serta mengunjungi di Kabupaten Bolmong,” ucapnya.
Sementara itu, Deandels Samboadile Komisioner KPU Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat berharap apa yang didapat kiranya bisa dibagikan kepada seluruh masyarakat tentang informasih terkini dan perkembangan pemilu tahun 2019. “Harus berbagi dan pastikan bahwa masyarakat Bolmong khususnya dilingkungan kita bisa mengetahui pasti bahwa sudah masuk dalam daftar pemilih tetap sesuai kartu tanda penduduk elektronik. Cek kembali data yang ada, baik tanggal lahir, tempat lahir, domisili nya kalau sudah sesuai,” jelasnya.
Lanjutnya, bila perlu harus ada forum tersendiri terkait teknis dan tahapan pemilu, sehingga para peserta masyarakat yang hadir dapat menghubungi KPU Bolmong untuk memberikan informasi lebih lengkap. “Masyarakat juga diharapkan mampu mengutamakan hak pilihnya atau berpatisipasi pada tanggal 17 April 2019 saat pemilu nanti. Wajib berperan aktif menggunakan hak pilihnya dan tidak golput,” tuturnya.
Di tempat yang sama, Isnaidin Mamonto Komisioner KPU Bolmong Divisi Data menambahkan semua masyarakat yang akan memilih wajib menggunakan KTP-el. “Jadi, diimbau kepada masyarakat untuk wajib mengecek nama DPT, pastikan apakah sudah terdaftar atau tidak dan terpenting menggunakan KTP-el,” tegasnya.
Dalam kesempatan itu juga, Komisioner KPU Provinsi Sulut dan Korwil Bolmong raya Salman Saelangi mengatakan, pentingnya keterlibatan masyarakat baik perorangan atau pun kelompok untuk berpatisipasi saat penyelenggaraan pemilu. “Sangat diharapkan, kepada semua orang yang memenuhi syarat dalam pemilihan untuk  berpartisipasi, karena satu suara sangat dibutuhkan untuk suksesnya pemilu,” katanya.
Menurutnya, partisipasi masyarakat sudah cukup baik di Bolmong. Itu dilihat  saat Pilkada tahun 2017 lalu. Partisipasi masyarakat Bolmong mencapai 80,2 persen  dan itu mengalami peningkatan. Pada Pilgub tahun 2015  partisipasi masyarakat  dalam pemilu mencapai 53 persen. “Dengan ini, masyarakat bisa memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasan kritis kepada KPU. Sehingga, kelemahan pada aturan bisa didapatkan berdasarkan studi kasus ataupun kritisi serta masukan masyarakat,” jelasnya. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: