Bolmong

Tahapan Pelaksanaan Pilsang Serentak Pertengahan Tahun Ini

Derek Panambunan
BOLMONG— Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018, di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), dipastikan akan digelar akhir tahun ini. Hal itu berdaskan penuturan Asisten I Bidang Pemerintahan Derek Panambunan.
Menurutnya, sebanyak 41 Desa di Kabupaten Bolmong rencananya akan menggelar pelaksanaan Pemilihan Sangadi (Pilsang) secara serentak di akhir tahun 2018. “Ya, ada 41 Desa yang harus melaksanakan Pilsang. Namun ini harus menunggu dana yang baru akan dianggarkan pada APBD Perubahan. Kemungkinan akhir tahun ini,” Kata Derek, Rabu (18/4).
Dijelaskan, anggaran pelaksanaan Pilsang sebenarnya bisa mengunakan Anggaran Dana Desa (ADD) tetapi karena dilaksanalan secara serentak jadi dibiayai dengan APBD. “Kalau dilaksanakan secara pribadi bisa mengunakan ADD, tapi ini digelar serentak jadi Pemkab yang membiayai. Untuk tahapannya segera dimulai pertengahan tahun ini,” tuturnya.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang mengungkapkan pelaksanaan Pilsang bisa dibiayai dengan ADD. “Dalam ADD itu ada 30 persen untuk kegiatan Pemerintahan bisa diambil dari situ, dan ini sudah saya sampaikan ke Asisten I. Tetapi jika ada Desa yang ADD 30 persen sudah berkurang pada kegiatan yang lain, sebaiknya Pilsang tidak dibiayai dengan ADD, karena pasti tidak akan cukup. Untuk teknisnya sudah saya serahkan ke Pak Asisten,” ungkap Tahlis belum lama ini. (Ind)
 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: