AdvertorialBolmong

Bupati Minta Penyusunan Program Dalam Musrenbang Harus Bermanfaat untuk Masyarakat

BOLMONG— Pelakasanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), rencana kerja perangkat daerah (RKPD) Kabupaten Bolmong tahun 2019 dibuka Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Senin (9/4) di aula Yadika Kopandakan.
Disampaikam Bupati Yasti, kepala perangkat daerah (PD) saat menyusun program harus mengacu pada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati. Selain itu, program setiap dinas wajib memiliki manfaat bagi masyarakat bukan hanya sekadar menghabiskan anggaran. Katanya,  semua itu demi  pencapaian visi dan misi Pemkab Bolmong untuk menuju Bolmong Hebat. “Jadi, harus ada skala prioritas yang mengacu pada pembangunan daerah.  Ini supaya manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Harus ada input, outcome, impact dalam setiap program,” kata Bupati.
Ditambahkan, semua program harus punya hasil, jangan hanya bersifat seremonial saja yang tidak ada dampak dan manfaat bagi masyarakat. “Dalam setiap pembahasan anggaran saya akan ikuti baik-baik. Jika ada program yang tidak sesuai, pasti akan saya coret dalam usulan,” tegasnya.
Lanjutnya, sebagai Bupati tentu punya banyak keinginan, tapi keinginannya harus keinginan masyarakat bukan pribadi. Katanya, saat ini banyak temuan, karena keinginan sendiri, sehingga tak ada manfaatnya bagi masyarakat. “Jadi, semua program harus juga sesuai keinginan masyarakat, jangan pribad tetapi kebutuhan masyarakat, dan berdasarkan visi misi Bupati Yasti dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk. Berharap, musrenbang kabupaten ini, menjadi media interaktif untuk merumuskan kegiatan dan program agar menuju pembangunan yang berkualitas di Bolmong,” harapnya.
 Sementara itu, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling menuturkan, bahwa DPRD ialah unsur penyelenggara pemerintahan daerah, oleh sebab itu konektivitas legislatif dan eksekutif sangat penting. Melalui buah pokok-pokok pikiran DPRD dapat terakomodasi dalam RKPD sebagai aspirasi mewakili masyarakat. “DPRD ialah unsur penyelenggara pemerintahan daerah, sebab semua persetujuan dari legislatif dan eksekutif saling mengetahui. “Mengajak supaya semua konsistensi menjaga semua penjabaran visi dan misi Bupati Yasti dan Wabup Yanny serta program pemerintah menuju Bolmong Hebat,” ungkap Komaling.
Sekda Bolmong Tahlis Galang, menjelaskan semua program dan target Pemkab Bolmong kedepannya, berbagai perbaikan terus dilakukan Pemkab Bolmong demi meraih opini Badan Pemeriksa Keuangan dengan wajar tanpa pengecualian. “Semua terget secara realistis disampaikan mulai dari hasil Musrenbang dengan skala prioritas berdasarkan perhitungan yakni pembangunan fisik. Usulan kegiatan sangat banyak, sehingga ada skala prioritas dengan menggunakan E-Planning,” jelasnya.
Diketahui, Pemkab membagi skala prioritas dengan Tiga kategori, sehingga ada skala prioritas satu, dua, dan tiga. Prioritas satu anggaran Rp 98.704.000 miliar, Prioritas dua Rp 92.762.451 miliar, dan Prioritas tiga Rp 511.111.628 miliar.
Turut hadir mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sulut Feiby Rondonuwu, Dandim Bolmong, Kapolres Bolmong, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, bersama para anggota dewan, kepala statistik Bolmong, para kepala perangkat daerah, pimpinan bank di Bolmong, para camat-camat, serta tamu undangan. (Ind/Adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: