Bolmong

DAK Fisik Bolmong 2018 Ketambahan Rp 130 M

BOLMONG— Upaya Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow untuk melakukan lobi ke pemerintah pusat terus dilakukan, hingga membuahkan hasil. Bukatinya, 2018 ini Bolmong ketambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik 100 persen.
Kaban Bappeda Yarlis Khatam, melalui Bidang Analisis Pembangunan Pengendalian Monitoring dan Evaluasi Anhar Pasambuna ST mengatakan, sebelumnya di tahun 2017 DAK Fisik sebesar Rp 60 Milyar.  “Untuk tahun 2018, Bolmong ketambahan 100 persen sebesar Rp 130 Milyar,” ungkapnya Selasa (3/4).
Ditambahkan Anhar, sejak dirinya dilantik sebagai kepala bidang di Bappeda, dan melakukan pertemuan di Provinsi, mereka minta penjelasan soal ketambahan DAK fisik dua kali lipat dari pemerintah pusat. “Saya jelaskan tentang prosesnya sampai pusat tambah dana DAK fisik, dan ini semua juga lobi dan jaringan yang dibangun oleh Bupati. Apalagi Bupati merupakan mantan anggota DPR RI,” ucap Anhar.
Lanjutnya, pihaknya telah menggelar rapat evaluasi kepada Perangkat Daerah (PD) yang menggunakan DAK fisik. “Ada 14 PD yang saya undang dalam rapat tersebut, yakni Kepala Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Perkebunan, PU, Kesehatan, Dinas Sosial, Koperasi dan UKM,” katanya.
Hasil rapat evaluasi capaian progres dari setiap perangkat daerah sudah 80 persen, dan ini tugasnya untuk mengontrol serta mengevaluasi capaian dari perangkat daerah yang ada DAK fisik 2018. “Jadi, saya berharap progres capaian tahun ini capai 100 persen, agar tahun depan DAK fisik akan bertambah atau minimal bertahan,” tegas Anhar.
Untuk tahun 2019  tambahnya,  telah diusulkan ditambah dua menu untuk Dak fisik yakni perpustakaan dan gelanggag olahraga. Namun masih  bernaung di Dinas Pendidikan.
“Pekan depan realisasi pencapaian triwulan I RKPD semua instansi tuntas. Ini sebagai aplikasi e -monev yang sudah diterapkan di Bolmong,” katanya mengakhiri. (Ind)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: