Bolmong

Perdana di Sulut, ATM Beras Inovasi Terbaru Pemkab Bolmong

BOLMONG— Warga Kabupaten Bolaang Mongomdow (Bolmong) patut berbangga. Pasalnya, berbagai terombosan baru terus diupayakan oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny R Tuuk, untuk kesrjateraan masyarakat.
Buktinya, dalam perayaan  Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolmong ke-64, Jumat (23/3). Bupati, meresmikan sekaligus melounching ATM beras yang digagas Dinas Ketahanan Pangan (DKP).
Menurut Bupati, peran DKP sangat penting dalam pembangunan bangsa, serta perannya untuk menunjukkan eksistensi kedaulatan sangat dibutuhkan. Karena pemenuhan kebutuhan pangan merupakan hak asasi manusia, juga sebagai tujuan pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi masyarakat untuk mewujudkan kedaulatan pangan. “Ini perumakan perdana di Sulut juga ATM beras ini merupakan program prioritas tahun 2018. Sangat mengapresiasi kepada DKP yang telah menghadirkan gagasan yang sangat positif seperti ini. Semoga dapat barmanfaat pada msayarakat Bolmong khususnya,” ungkap Bupati.
Kepala DKP Hasran Tongkukut menuturkan, program tersebut merupakan implementasi atas Undang-undang No 18 Tahun 2012 tentang pangan. “Ini merumuskan ketahanan pangan sebagai kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, halal, merata dan terjangkau,” ujar Hasran.
Dia menjelaskan, sasaran utama pemegang ATM beras tersebut adalah masyarakat penerima manfaat yang notabene merupakan masyarakat kurang mampu yang belum sempat terakomodir pada bantuan-bantuan sosial pemerintah lainnya. “Validasi dan verifikasi data kepada masyarakat penerima dilakukan Bidang Ketersediaan Cadangan Pangan DKP, tim kecamatan, sangadi. Selanjutnya juga melakukan sinkronisasi data ke Dinas/Badan terkait untuk uji data guna memastikan program ini tepat guna, tepat sasaran. Sedangkan untuk perdana ATM beras ini baru di Kecamatan Lolak,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: