Bolmong

Panwaslu Bolmong Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

BOLMONG— Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan Sosialisasi pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Minggu 18-19 Maret di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.
Sosialisasi diberi tema “Peran Penting Pengawasan Pemilu Dalam Mewujudkan Pemilu Yang Adil dan Berkualitas”. Dipimpin langsung sekaligus narasumber meteri oleh ke tiga Pimpinan Panwaslu Bolmong masing-masing Ketua Pangkerego, SIP dan Komisioner lainnya Jerry S Mokoolang SH, dan  Erni Y Mokoginta.
Dalam kegiatan ini, Panwaslu Bolmong melibatkan sebanyak 50 perserta yang adalah perwakilan dari seluruh komponen masyarakat sipil Kabupaten Bolmong, seperti OKP, Ormas, LSM, Tokoh agama, tokoh perempuan, Sangadi dan Sekdes serta Perangkat Desa.
Menurut Komisioner Panwaslu Bolmong sekaligus Koordinator Hukum dan Penindakan Pelanggaran Jerry S. Mokoolang SH, peran aktif masyatakat dan semua pihak dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu tahun 2019 sangatlah penting. Kata dia, suksesnya Pemilu sangat dibutuhkan kerja sama dari semua pihak dalam pengawasan. “Selain itu,  harus diakui Kabupaten Bolmong masih dalam tahap pembangunan. Nah, untuk mewujudkan semua itu, tentu sangat dibutuhkan pemimpin yang berkarakter dan jujur, sementara semua itu ada di tangan masyarakat. Kiranya dengan sosialisasi seperti ini, kita dapat menyampaikan kepada masyarakat untuk menjadi pemilih yang baik, karena kejujuran pemimpin juga  bisa dilihat dari cara dia menghadapi Pemilu, apakah sesuai aturan atau tidak,” ungkap Mokoolang.
Selain itu dirinya juga menegaskan, semua Kepala Desa (Sangadi) di Bolmong tidak boleh terlibat politik praktis. Katanya, itu berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014, tentang desa. “Sangadi adalah contoh untuk masyarakatnya, karena itu pendidikan politik serta cara menghadapi Pemilu nanti, sangadi harus menjadi panutan tanpa terlibat politik praktis,” tegasnya.
Sementara itu, Ketua Panwaslu Bolmong, Pangkerego. SIP  mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengajak masyatakat dan semua pihak berperan aktif dalam pengawasan bersama dalam Pemilu mendatang. “Panwaslu tidak cukup mampu melakukan pengawasan, tanpa keterlibatan dan peran aktif dari masyarakat dan semua pihak.  Berharap kita semua  bisa sama-sama mengawasi Pemilu ini, demi terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil,” katanya mengakhiri.
Sekadar diketahui, acara dipandu oleh Kepala Sekretariat Panwaslu Bolmong Wahyudi Rauf sebagai moderator.  Dan juga hadir dalam kegiatan tersebut selaku narasumber salah satu Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulut Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Mustarin Humagi. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: