Kotamobagu

Ironis, SKPD Kotamobagu Belum Mahir Susun Laporan Keuangan

Rio Lombone
Rio Lombone

ProBMR, Kotamobagu- Satuan Perangkat Kerja Daerah Kota Kotamobagu dinilai belum mampu menyusun laporan keuangan secara baik. Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kotamobagu, Rio Lombone, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, senin (20/04) siang tadi.

Mengatasi persoalan tersebut,  pihak DPPKAD  menggelar pembinaan melalui Workshop agar penyusunan laporan keuangan sudah secara mandiri dilakukan setiap SKPD. Apalagi, aturan dan system pengelolaan yang saat ini berbasis akrual.

“Sejumlah SKPD belum  mahir menyusun laporan keuangan. Makanya kami menggelar  Workshop  untuk meningkatkan kemampuan menyusun laporan keuangan.  Dimana para pesertanya adalah para perwakilan SKPD,” Ungkapnya.

Tak tanggung-tanggung dalam kegaiatan tersebut, pihaknya menghadirkan pemateri yang ahli didang keuangan, salah satunya dari Kanwil Perbendahraan Sulut.

Lanjut Rio, dengan penyusunan laporan keuangan yang sistematis, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu akan lebih mudah menghadapi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Jadi semua penyerapan anggaran bisa dipertanggung jawabkan langsung oleh setiap SKPD. Sehingga dalam audit BPK, SKPD bisa lebih mudah mempertanggungjawabkan penggunanan anggaran,  karena semuanya tersusun dengan sistematis,” tutup Rio.(ddj)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: