Bolmong

Pemkab Bolmong Gelar Musrenbang 2016

 

suasana Musrenbang 2016 Pemkab Bolmong
suasana Musrenbang 2016 Pemkab Bolmong.

Pemkab Bolmong menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2016, Kamis (19/3) di ruang lantai II Kantor Bupati di Lolak.

Dalam kesempatan itu, Hadir Bupati Hi Salihi B Mokodongan, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM, Sekertaris Daerah Farid Asimin MAP, pimpinan dan anggota DPRD, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para Camat, Sangadi dan unsur tokoh pemuda dan aktifis.

Dikatakan Bupati, musrenbang berfungsi sebagai forum untuk menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang Rancangan RKPD yang menitikberatkan pada pembahasan untuk sinkronisasi rencana kerja satuan kerja perangkat daerah (Renja-SKPD) dan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah. “Pemerintah Daerah wajib menyusun dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2016 sebagai landasan penyusunan RAPBD tahun 2016,” tutur Salihi.

Selain itu, penyusunan rancangan RKPD dilakukan melalui proses pembahasan yang terkoordinasi antara Bappeda dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melalui penyelenggaraan Musrenbang. “Kita akan evaluasi permasalahan terkait realisasi program-program tahun sebelumnya, sehingga dalam pembahasan yang dilakukan bersama antar para pemangku kepentingan, disepakati langkah-langkah penanganan masalah yang tertuang dalam program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Kelurahan dan Kecamatan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah, dan pada akhirnya menjadi dasar penyusunan Program Kegiatan Prioritas yang akan disusun oleh SKPD pada KUA PPAS tahun 2016,” jelasnya.

Bupati juga berharap agar, musrenbang tahun ini, pemerintah desa dan kecamatan, bisa membuat daftar masalah yang tidak berorientasi pada kegiatan fisik saja, tetapi mampu untuk dapat menginventarisi masalah yang berhubungan dengan ekonomi dan sosial budaya. Agar penyusunan dokumen RKPD tahun 2016 selesai sesuai jadwal, maka seluruh SKPD segera menyiapkan hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaanya.

Kepala Bappeda Dr Ramlah Mokodongan SE MSi mengatakan, pelaksanaan Musrenbangda juga telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Sulut. “Kita mengikuti jadwal yang diberikan pemprov, pelaksanaanya kamis. Saya fikir tahun ini kita harus berbeda dengan tahun kemarin, jika kemarin ada keterlambatan pembahasan, maka tahun ini akan kita pacu agar pada awal tahun 2016 mendatang, tinggal pelaksanaan program-program prioritas yang sudah disusun dalam RAPBD 2016,” kata Ramlah.

Sementara itu, Anggota Badan Anggaran DPRD Bolmong, Moh Syahrudin Mokoagow, mengkritisi nomenklatur yang disusun masih menggunakan data lama. “Nomenklatur masih 12 Kecamatan, padahal kodefikasi yang terdaftar di Depdagri, ada 15 Kecamatan. Data ini masih kopi paste, saya berani katakan itu,” ujar Syahrudin.

Dia juga mengkritisi pelaksanaan program yang terbagi di dua instansi berbeda. “Program yang mestinya dilaksanakan oleh satu SKPD, tapi saat pelaksanaan lebih dari satu SKPD. Seharusnya dipilih saja salah satu agar programnya tidak tumpang tindih,” katanya. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: