Politik

Golkar-PDIP Koalisi Berbagi Kursi Bupati dan Wabup Jombang 2018

PDIP dan Golkar menjalin koalisi untuk Pilkada Jombang 2018.

Dua partai politik peraih kursi terbanyak di DPRD Jombang, PDIP dan Golkar menjalin koalisi untuk Pilkada Jombang 2018. Kedua partai ini sepakat untuk mengusung calon dari partai masing-masing.
Perjanjian kerjasama kedua partai itu dihadiri Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari dan Ketua DPD Partai Golkar Jatim Nyono Suharli Wihandoko.

Surat perjanjian koalisi ditanda tangani Ketua DPD Partai Golkar Jombang Tjaturina Yuliastuti dan Sekretarisnya Surachmad, serta Ketua DPC PDIP Jombang Marsaid dan Sekretarisnya Wulang Suhardi.

“Ini merupakan aspirasi teman-teman PDIP Jombang, selama ini terjalin baik antara legislatif dengan eksekuitif, harapannya berkelanjutan,” kata Sri Untari kepada wartawan usai penandatangan kerjasama di Hotel Yusro, Jombang, Jumat (4/8/2017).
Untari menjelaskan, koalisi ini untuk memenangkan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Jombang pada Pilkada 2018 nanti. PDIP dan Golkar sepakat untuk berbagi kursi bupati dan wakil bupati.

“Dalam perjanjian tadi sudah kami sebutkan bahwa Golkar akan menjadi bupatinya, PDIP sepakat menjadi wakil bupati. Masing-masing menunggu keputusan DPP, kalau PDIP akhir Agustus ada keputusan nama bakal calon,” terangnya.
Pada Pileg 2014, PDIP meraih 9 kursi di DPRD Jombang, sedangkan Golkar mendapatkan 7 kursi. Koalisi kedua partai besar ini sudah cukup untuk mengusung nama balon bupati dan wakil bupati sendiri.

Namun, Untari menyatakan tetap membuka diri untuk berkoalisi dengan partai lain. “Kami serahkan di kawan-kawan (PDIP) Jombang. Kalau bisa jadi satu bersama-sama akan lebih baik untuk melanjutkan pemerintahan yang sudah baik,” ujarnya.
Sementara Ketua DPD Partai Golkar Jatim Nyono Suharli Wihandoko mengaku senang adanya koalisi ini. Menurut dia, PDIP selama ini menjadi partai yang solid mendukung pemerintahannya di Kabupaten Jombang.

“Selama ini yang maksimal mengawal adalah PDIP, ini menjadi dasar kami sehingga hari ini apalagi saya sebagai bakal calon merasa senang kepada PDIP,” ungkap pria yang saat ini menjabat Bupati Jombang itu.
Senada dengan PDIP, lanjut Nyono, pihaknya juga membuka pintu koalisi dengan partai lain. “Kami sangat terbuka dan senang, mudah-mudahan koalisi ini tak hanya di kabupaten/kota, tapi juga ke Jatim,” tandasnya.

detik.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close