Boltim

Dinas PU Bakal Ketambahan 40 Miliar DAK

Minderd Mawu ST
Minderd Mawu ST

BOLTIM — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan ketambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Perubahan sebesar Rp 40 miliar.

Kepala Dinas PU Boltim, Minderd Mawu mengatakan sesuai informasi yang diterima Bupati. Pemda Boltim akan ketambahan anggaran melalui APBN Perubahan yang sudah ditetapkan DPR RI pada bulan lalu. “Sesuai informasi kepada Bupati ada sekitar Rp 55 miliar. DAK untuk dinas PU Rp 40 miliar dan Rp 15 miliar di Disperindag untuk tugas pembantuan dan DAK,” beber Minderd.

Minderd menuturkan anggaran tersebut akan menambah dana DAK untuk dinas PU sebesar Rp 30 miliar sehingga menjadi Rp 70 miliar. “Nanti anggarannya Rp 30 miliar untuk jalan dan Rp 10 miliar untuk irigasi. Tak bisa lagi dipindah. Untuk Disperindag rencananya untuk pembangunan pasar, namun masih menunggu juknis” terangnya.

Jika pemda mendapatkan dana tersebut, direncanakan akan menyelesaikan jalan Buyat Bukaka senilai Rp 11 miliar, Jalan dalam desa Kokapoy Rp 4 miliar, Jembatan di Jalan menuju Jiko Belanga sekitar Rp 6 miliar. “Jalan alternatif Togid-Dodap Rp 2 miliar, jalan Badaro-Lanut Rp 2 miliar dan sisanya untuk IKK Nuangan. Sedangkan Irigasi untuk lanjutan irigasi Motongkad dan Irigasi Togid,” bebernya.

Anggaran tersebut nanti akan dimasukkan dalam APBD Perubahan. Sehingga pemda wajib menyediakan dana pendampingan. “Jika benar Rp 40 juta untuk dinas PU butuh dana pendamping Rp 4 miliar,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Muhammad Assagaf mengatakan kemungkinan Boltim akan mendapat anggaran tambahan dari APBN Perubahan lebih dari Rp 100 miliar.

“Kita ketambahan sekitar Rp 100 miliar lebih untuk empat sektor Kesehatan, pendidikan, ke-PU-an dan Pertanian. Itu akan masuk DAK untuk jalan, jembatan, alat kesehatan dan sarana pertanian irigasi. Nanti akan dimasukkan dalam APBD Perubahan,” terangnya.(Sandy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: