Bolmong

Hujan Deras, 37 Rumah di Lolak Tenggelam

Banjir yang merendam rumah warga
Banjir yang merendam rumah warga

Banjir menyebabkan sejumlah desa di Kecamatan Lolak terendam terjadi, kemarin. Hujan deras yang mengguyur wilayah kecamatan tersebut mengakibatkan sungai di bekalang pemukiman meluap. Akibatnya, air masuk ke dalam perkampungan dan merendam ratusan rumah. Seperti di Desa Tandu, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa dan merendam sekitar 37 rumah. Begitu pula di Desa Tuyat dan Diat. Banjir menyebabkan belasan rumah warga di dua desa itu terendam. Desa lainnya yang terendam yakni Lalow, Padang, Lolak Tombolango, Lolak, Motabang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolaang Mongondow (Bolmong) Channy Wayong, mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. “Air berasal dari luapan sungai,” katanya.

Banjir tersebut juga tidak menyebabkan kerugian meteriil. “Lebih ke ancaman kenyamanan karena rumah tergenang,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Bencana Suhendra Hamin, mengatakan luapan air itu terjadi karena pendangkalan sungai. Selain itu, sistem drainase yang menyempit membuat air meluap ke rumah warga. “Namun, tidak lama kemudian air sudah surut,” katanya.

Selain itu, hujan yang mengguyur juga menyebabkan tanah longsor di Jalur Pinogaluman-Doloduo (Pindol). Di jalur yang sering digunakan warga Kecamatan Dumoga Bersatu ke ibukota kabupaten itu terdapat tiga titik longsoran. Bahkan, longsor juga menyebabkan sebuah jembatan tertutup material tanah dan bebatuan besar. “Saat ini jembatan tersebut bisa dilalui namun dengan sistem buka tutup karena sebagian masih tertutup material longsor,” ujarnya.Pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan Balai Jalan agar merapikan lagi tebing di samping jalan. (sal)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: