Bolmong

TP PKK Gelar Lomba Cipta Menu

17362553_1296601633758247_5618001744256645284_n

BOLMONG– Jelang pemperingati Hari Ulang Tahun (Hut) Kabupaten Bolmong (Bolmong) yang ke 63. Tim Pengerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bolmong menggelar lomba Cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal tingkat Kabupaten Bolmong tahun 2017, di Gedung Siti Ramadhina Convention Hall, Selasa (21/3), kemarin.

Dalam sambutan Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung yang dibacakan Sekda Drs. Ashari Sugeha mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP PKK Ny. Fatmy Watung Linelejan beserta pengurus yang telah memprakarsai kegiatan ini.

“Dimana acara pada hari ini dapat dilaksanakan dengan harapan agar kegiatan ini bukan hanya dijadikan sebagai ajang untuk lomba saja, tetapi juga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan serta wawasan bagi ibu anggota TP PKK, untuk mengolah berbagai macam olahan bahan lokal,” ungkapnya.

Ditambahkan, pangan adalah hak asasi setiap individu untuk memperolehnya dengan jumlah yang cukup, aman dan terjangkau. “Dengan demikian, upaya pemantapan ketahanan pangan harus dikembangkan, dengan memperhatikan sumber daya, kelembagaan dan budaya lokal,” jelasnya.

Menurutnya, setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki potensi pangan yang berbeda-beda. “Demikian pula di daerah kita Ini, berbagai jenis pangan yang tersebar, dikembangkan dan di manfaatkan oleh masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi,” terangnya.

Dirinya menuturkan, baik sebagai pangan pokok maupun sebagai pangan pengganti seperti jagung, ubi-ubian, pisang serta masih banyak lagi bahan pangan lainnya. Sehingga kita tidak tergantung pada bahan makanan berupa beras. “Pangan lokal yang selama ini sudah dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, masih perlu ditingkatkan pengembangannya baik dari sisi produksi maupun pemanfaatan dan pengelolaannya,” tuturnya.

Lanjutnya, kegiatan lomba hari ini dan selanjutnya yang terbaik akan menjadi duta Kabupaten, untuk mengikuti Lomba Cipta Menu di tingkat Provinsi. “Adapun maksud dari kegiatan lomba Cipta Menu pada hari Ini adalah untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas dan peran serta masyarakat khususnya Ibu-Ibu sebagai anggota keluarga, dalam memilih dan menyusun menu yang beragam, bergizi, seimbang, aman, sesuai dengan potensi sumber daya lokal yang ada di daerah kita, “katanya.

Oleh karena itu kata dia, melalui pelaksanaan kegiatan lomba Cipta Menu ini diharapkan tidak hanya sebatas lomba saja. “Tetapi yang terpenting dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Mari kita galakkan kembali program pemerintah yaitu One Day No Rice Atau sehari tanpa nasi atau beras, demi menjaga ketahanan pangan nasional di daerah Kita,” tandasnya. (Ind)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close