Kotamobagu

Walikota: Persatuan Masyarakat Moyag Diwujudkan Dalam Tradisi Binarundak

Walikota Kotamobagu, Tatong Bara saat memberikan sambutan di acara halal bil hahal.
Walikota Kotamobagu, Tatong Bara saat memberikan sambutan di acara halal bil hahal Desa Moyag Bersatu.

ProBMR, KOTAMOBAGU—Walikota Kotamobagu, Tatong Bara mengatakan, tradisi Binarundak oleh masyarakat Kotamobagu, adalah simbol atau perwujudan dari rasa persatuan dan persaudaraan atar sesama masyarakat Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan di acara Halal bil Halal yang digelar oleh Masyarakat Moyag Bersatu, Rabu (20/7), bertempat di ruas jalan Moyag Induk Kecamatan Kotamobagu Timur.

“tradisi Binarundak ini, adalah cerminan dan perwujudan dari rasa persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Kotamobagu, khususnya di Moyag bersatu ini” Kata Walikota.

Selain media silaturahmi antar masyarakat kata Walikota, acara Halal bil halal yang dirangkaikan dengan perayaan tradisi Binarundak khas Daerah, dapat mampu mewujudkan nilai-nilai kebudayaan.

“semoga menjadi spirit bagi kita semua dalam menggerakan pembangunan daerah, juga mampu menjadi magnet bagi persatuan seluruh masyarakat Kotamobagu, bahkan bisa menyatukan kelompok-kelompok yang bertikai” tutur Walikota.

Ia berharap, dengan adanya tradsi seperti itu, bisa membawa kedamaian serta meredam gejolak pertikaian antar sesama masyarakat Kotamobagu. “semoga saling memafkan bukan dari mulut saja, akan tetap melalui kebatinan dan implementasi yang kuat. Saya yakin, yang hadir bukan hanya mengikuti acara seremonial namun lebih kepada memaknai nilai positif dari tradisi ini” tutup Walikota.

Dalam acara tersebut, turut dihadiri oleh Kapolsek Kotamobagu, Seluruh Kepala SKPD Kotamobagu, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kotamobagu Timur, serta masyarakat Moyag Bersatu. (Rez)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close