Bolmong

KPU Bolmong Plenokan Syarat Calon Independen

b.pilkada_Hal.2.655x330

BOLMONG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow, kembali gelar Rapat Pleno syarat dukungan Bakal Calon Independen (Persorangan), Selasa (24/5).

Pelno yang digelar di Kantor (KPU), berdasarkan Surat Edaran (SE) nomor 275 tahun 2016, yang diterbitkan selasa (24/06) oleh KPU RI. Padahal, KPU Bolmong, telah melakukan Pleno dalam hal yang sama pada Minggu (22/06) lalu. Namun, karena ada beberapa yang harus disesuaikan maka Pleno telah menghasilkan syarat dukungan calon perseorangan.

Pleno tersebut menghasilkan presentasi hitungan syarat minimal dukungan pasangan calon Independen, yang mengacu dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan terkahir yakni Pemilihan Gubernur Sulut tahun 2015. Sehingga perkaliannya adalah, Jumlah DPT 171.542 di kali 10 persen, maka hasilnya  17.154,2. Karena ada komanya, maka dibulatkan ke atas menjadi 17.155 Pemilih.

“Karena ada SE, maka KPU Bolmong kembali gelar Pleno penetapan syarat calon perseorangan,” Kata Ketua Divisi Teknis dan Hukum, KPU Bolmong, Rully Halaa S Sos.

Sementara, untuk sebaran dukungan Pasangan Calon Perseorangan kata Rully, dihitung dari 15 Kecamatan dikalikan 10 persen, maka hasilnya 7,5. Karena ada komanya maka dibulatkan ke atas dengan hasil 8 Kecamatan. “Jadi dukungan harus menyebar minimal di delapanan Kecamatan di Bolmong,” terang Rully.

Ketua KPU Bolmong, Fahmi Gobel, menambahkan dasar perhitungan persentasi calon perseorangan ini berubah dari yang lalu. Karena mengambil dasar DPT dan jumlah kecamatan dengan rumus perkalian yang dikeluarkan oleh KPU RI. Tapi, pada dasarnya dari hasil tak ada  berubah jauh, hanya pembulatan koma saja yang dilakukan. “Sehingga, KPU Bolmong, kembali pleno syarat dukungan calon perseorangan,” katanya.

Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM, KPU Bolmong, Daendels Somboadile, mengatakan KPU apabila ada warga yang berniat mencalonkan diri dari calon perseorangan, silahkan berkonsultasi terkait dengan syaratnya. “Kami akan sangat terbuka, siapapun yang akan meminta informasi,” kata Daendels. (sal)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: