BMRKotamobagu

Chef Wiliam Masak “Ayam Sinurang” di Festival Kuliner

Master Chef Wiliam Gozali saat mencicipi makanan sala satu peserta lomba masak pada festival kuliner Kotamobagu tahun 2016
Master Chef Wiliam Gozali saat mencicipi makanan sala satu peserta lomba masak pada festival kuliner Kotamobagu tahun 2016

ProBMR, Kotamobagu– Rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun  (HUT) Kota Kotamobagu ke-9 tahun 2016,  bisa dibilang cukup semarak. Pasalnya, setelah perayaan puncak acara HUT pada malam pesta rakyat yang menghadirkan Megician Master Limbad dan Dera Idol. Kali ini perayaan HUT Kota semakin semarak dengan festival kuliner tradisional Mongondow tahun 2016 yang menghadirkan Master Chef Wiliam Gozali.

Dalam kesempatan tersebut, Juara I lomba masak professional pada salah satu stasion televisi swasta nasional  memperlihatkan kebolehannya memasak salah satu masakan tradisional mongondow yakni ayam sinorang. Tentu saja penampilan master Chef Wiliam mengundang decak kagum para penonton yang hadir pada saat festival tersebut. Tak hanya memasak Chef Wiliam juga didaulat menjadi juri kehomatan untuk lomba masakan yang diikuti oleh masyarakat umum.

Menurut Chef Wiliam saat memasak ayam sinurang, dirinya terlebih dahulu memberikan  bumbu dan menggoreng ayam. Selanjutnya dimasak bersama bumbu utama ayam sinorang.

“Saya sengaja menggoreng ayam lebih dahulu agar ayamnya lebih gurih dan bumbu lebih meresap,” ucapnya.

Saat dikonfirmasi terkait kegiatan Festival Kuliner, Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara mengatakan, pemerintah kotamobagu sengaja menggelar festival kuliner untuk mengangkat budaya Bolmong  mulai dari bahasa, pakaian adat, termasuk makanan khas tradisional Mongondow.

“Bukan tidak mungkin dengan gencarnya kampanye makanan khas mongondow akan menggugah masyarakat untuk melestarikan makanan tradisional,” kata Walikota.

Dirinya berharap agar masyarakat tidak perlu malu  makan dan memasak makanan tradisonal khas mongondow agar makin dikenal oleh masyarakat luas khususnya generasi muda.

“Festival kuliner baru pertama kali dilaksanakan di Bolmong Raya. Kedepan kami rencanakan festival yang lebih besar,” Ujarnya. (ddj)

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: