Bolmong

Bupati Limi dan Gubernur Olly Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lolak

BOLMONG – Pj Bupati Bolaang Mongondow Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM bersama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Prof DR (HC) Olly Dondokambey SE, dampingi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Lolak, Jumat 23 Februari 2024. Presiden Jokowi juga memboyong empat menteri di jajaran kabinet Indonesia Maju, yakni menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Presiden Jokowi dan rombongan tiba menggunakan helikopter dan mendarat langsung di helipad Bendungan Lolak, dijemput oleh tarian adat Bolaang Mongondow, dan sejumlah murid SD hingga SMP dari berbagai sekolah.

Setelah menandatangani prasasti peresmian Bendungan Lolak, Presiden Jokowi didampingi para menteri, gubernur dan Pj Bupati, melepaskan benih ikan di bendungan. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan urusan air dan energi ke depan akan menjadi persoalan besar jika tidak disiapkan dan dikelola dari sekarang. Menurutnya, Indonesia memiliki 4.400 sungai tetapi baru memiliki 292 bendungan di seluruh Indonesia. ”Untuk intrasi atau pembanding NRT China memiliki 9.082 bendungan, Korea Selatan memiliki 20.000 bendungan. Kita baru memiliki 292 bendungan, masih jauh sekali. Karen itu pengelolaan air ini menjadi konsentrasi kita,” kata Jokowi Lanjutnya lagi, Bendungan Lolak ini bisa menampung 16 juta meter kubik, bisa mengairi sawah kurang lebih 2.200 hektar. Bendungan Lolak ini bisa mereduksi banjir sampai 29 persen dan listrik ekohidro. ”Informasi dari pak gubernur,  Bolmong ini lumbung berasnya Sulut. Maka saya harapkan bendungan Lolak ini bisa bermanfaat untuk kita,” imbuhnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM mengatakan, kunjungan kerja bapak Presiden RI ini adalah sebuah kebanggan bagi masyarakat Bolmong. ”Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik, serta mengharapkan dengan adanya kunjungan kerja presiden dapat membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow,” kata bupati. Ia juga mengaturkan terima kasih setinggi-tingginya untuk Bapak Presiden RI yang telah meresmikan Bendungan Lolak. (sal)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close