Bolmong

Rumah Sakit Pratama Dumoga Diresmikan

BOLMONG — Pembangunan Rumah Sakit Pratama Tipe D di Desa Modomang Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) diresmikan Gubernur Sulut Olly Dondikambey, Senin 19 Juni 2023. Peresmian itu diawali dengan pembukaan papan nama rumah sakit, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti rumah sakit dan gunting pita oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Peresmian RS Pratama Bolmong itu, dihadiri Pj Bupati Limi Mokodompit, Forkopimda, Sekda Tahlis Gallang, para Asisten, para pimpinan OPD, Camat, para Sangadi serta para tenaga kesehatan yang tersebar di 18 Puskesmas. Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit mengaku bersyukur atas diresmikannyan RS Pratama ini nantinya akan melayani masyarakat yang ada di lima kecamatan. Pembangunan RSU Pratama Dumoga Raya ini diyakini akan berjalan secara berjenjang. Jika pada tahun ini dibangun gedung utama, maka tahun-tahun ke depan bisa dikembangkan dengan pembangunan sejumlah fasilitas lainnya.

Mengingat, ketersediaan lahan RSU Pratama Dumoga Raya yang mencapai 5 hektar. Limi juga berterima kasih atas suport dari Gubernur Suluy Olly Dondokambey yang terus memberikan perhatian terkait pelayanan dasar yang ada di Kabupaten Bolmong. RS Pratama ini bersiti di atas lahan seluas lima hektar. Pembamgunan RS Pratama menghabis dana 48 miliar lebih, termasuk pengadaan fasilitas penunjang lainnya. Sebelumnya Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyatakan apresiasi atas dibangunnya RS di wilayah Dumoga. Hal ini bertujuan untuk pendekatakan pelayanan kepada masyarakat. “Tugas pemerintah itu bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Gubernur Olly Dondokambey.

Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Yulin Papuling menjelaskan, dibangunnya rumah sakit Pratama Dumoga Raya, diharapkan akan lebih mendekatkan pelayanan masyarakat di lima kecamataan yang ada di Dumoga Raya. Rumah sakit ini, nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas, serta dokter ahli dengan kapasitas 30 kamar. Menurut Yulin, saat ini Kabupaten Bolmong memiliki 18 Puskesmas dan satu rumah sakit. Dan ketambahan satu unit rumah sakit untuk melayani 248. 751 jiwa. Kendati demikian, Yulin mengaku meski telah disiapkan sarana penunjang, namun masih terjadi kekurangan tenaga kesehatan. “Semoga, dengan dibangunnya rumah sakit Pratama Dumoga Raya, akan lebih mendekatkan pelayanan kesehatan di Dumoga Raya,” ujar Yulin. (sal/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close