AdvertorialBolmong

Program Pengisian Lumbung Pangan Disalurkan Serentak Pemkab Bolmong

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menyalurkan bantuan pengisian lumbung pangan berupa beras kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Bolmong. Kepala DKP I Wayan Mudiyasa mengatakan, tahun ini ada tiga kecamatan Gapoktan yang akan mendapatkan cadangan pangan, yakni Kecamatan Dumoga Utara desa Mopugad Utara, Kecamatan Sangtombolang di desa Cempaka dan kecamatan Poigar di desa Gogaluman. “Pengisian cadangan lumbung pangan ini merupakan hasil usulan lewat Musrenbang tingkat desa, kecamatan dan kabupaten hingga usulan dari pokok pikiran (Pokir) DPRD Bolmong di dapil masing-masing,” kata Wayan, Kamis (09/6/2022). Saat ini, penyalurannya dilakukan secara serentak di Gudang kelompok tani Tirto Sidomulyo 3 desa Mopugad Utara Kecamatan Dumoga Utara. ”Kelompok yang mengelola cadangan pangan masyarakat (CPM) terdapat di 3 kecamatan,” kata Wayan.

Sedangkan dua kelompok tani yakni kelompok lumbung pangan masyarakat Maju Bersama di desa Gogaluman Kecamatan Poigar, dan kelompok lumbung pangan masyarakat Cempaka di desa Cempaka Kecamatan Sangtombolang. Ia mengatakan, pengisian lumbung pangan tersebut Pemkab Bolmong telah bekerja sama dengan Bulog Cabang Bolmong. “Anggaran pengisian lumbung pangan berasal dari sumber APBD sebesar Rp170 juta,” ungkapnya Wayan. Ia berharap kelompok tani untuk dapat mengelola pangan tersebut untuk sebaik-baiknya. “Saya harapkan bagi kelompok tani sekali lagi dikelola dengan baik pangan yang diberikan. Bantuan ini untuk kelompok bukan untuk dipakai oleh segelintir orang,” tegasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, menyampaikan permohonan maaf ketidak hadiran Bupati dalam kegiatan ini karena ada kedatangan tamu yang harus disambut oleh Bupati. Untuk itu, secara pribadi ia memberikan apresiasi atas program pengisian cadangan lumbung pangan. “Melalui saya ada beberapa hal yang bupati titipkan yakni pertama acara pada hari ini adalah pengisian lumbung pangan. Dimana ini masuk pada kegiatan penyediaan cadangan pangan tujuan utamanya adalah supaya didesa bapak dan ibu tersedia stok. Ini mengantisipasi kekurangan pangan,” katanya. Ia mengatakan, hari ini ada tiga kelompok yang mendapatkan bantuan cadangan pangan kedepan akan lebih meningkat lagi dan ini sangat kita harapkan bersama. “Hasil evaluasi dari DKP sesungguhnya rawan pangan itu bukan cuman tiga desa tersebut, tapi ada desa – desa yang lain, namun ketika diverifikasi oleh DKP tiga desa ini paling layak dan memenuhi syarat,” kata sekda. Lanjutnya lagi, bantuan itu bukan untuk disimpan, kalo ada yang memerlukan sudah bisa disalurkan. ”Kelompok tani untuk dapat kelola pangan ini dengan sebaik-baiknya, agar datang musim paceklik kita ada persediaan pangan yang banyak untuk disalurkan kepada masyarakat,” pungkasnya. (sal/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close