Bolmong

Yasti Ungkap Target dan Capaian Kinerja Pemkab Bolmong di Musrenbang

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow membuka langsung Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan tahun 2022, Kamis (17/2/2022). Kali ini, Musrenbang digelar di Desa Ikwan Kecamatan Dumoga Barat, Desa Mopuya Utara Dua Kecamatan Dumoga Utara, dan Desa Tapadaka Utara Kecamatan Dumoga Tenggara. Selain membuka pelaksanaan Musrenbang, Bupati Bolmong juga langsung membawakan materi tentang target dan capaian indikator RPJMD Kabupaten Bolmong Tahun 2018-2022. Dalam pemaparannya, Yasti menyampaikan visi dan misi yang termuat dalam RPJMD 2018-2022. Dalam misi yang diusung pasangan Yasti-Yanny “Menuju Bolaang Mongondow Hebat” terdapat empat tujuan dan sasaran. Yakni, misi pertama; mewujudkan pemerintahan yang bersih dan tertata. Sasaran misi tersebut adalah untuk meningkatnya kualitas dan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah serta meningkatnya kualitas pelayanan publik. Dari tahun ke tahun kata Bupati, capaian misi tersebut terus mengalami peningkatan dari kondisi awal. “Indikatornya adalah nilai atau peringkat LPPD, nilai atau predikat akuntabilitas kinerja instansi, opini BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah, dan nilai kepatuhan standar penilaian publik,” paparnya.

Misi kedua; mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis potensi sumberdaya alam dan kearifan lokal. Sasaran misi kedua ini adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi sektor unggulan, meningkatnya realisasi investasi, menurunnya angka kemiskinan, meningkatnya kualitas infrastruktur, meningkatnya kualitas lingkungan. Misi ini juga terus meningkat dengan indikator peningkatan pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan sektor industri pengolahan, persentase pertumbuhan sektor pertanian dan perikanan, persentase peningkatan nilai investasi, persentase angka kemiskinan, indeks daya saing infrastruktur, dan indeks kualitas lingkungan hidup. Selanjutnya, misi ketiga; mewujudkan pendidikan yang merata, terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat. Tujuannya adalah meningkatkan mutu pendidikan bagi masyarakat. Capaian misi ini cukup signifikan dengan indikator peningkatan indeks pendidikan yang pada kondisi awal berada pada angka 9,11 dan naik dari tahun ke tahun hingga pada angka 13,03 di tahun 2021.

Dan yang terakhir, misi keempat; mewujudkan pelayanan kesehatan yang cepat, terjangkau dan berkualitas. Sasarannya adalah meningkatnya akses dan kualitas layanan kesehatan. Dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Jadi secara umum, capaian RPJMD Bolmong sesuai visi misi bupati periode 2018-2022 berdasarkan janji-janji kampanye sudah 90 persen yang terlaksana. Masih ada 10 persen lagi yang akan kami genjot di tahun ini,” kata Bupati. Di sisi lain, kata Yasti, untuk infrastruktur capaian maksimalnya baru di angka 95 persen hingga tahun ini. Hal itu disebabkan pandemi Covid-19 yang mengharuskan pemerintah merefokusing anggaran untuk penanganan dampak pandemi Covid-19. “Sehingga itu, saya dan wakil bupati mohon maaf, karena sejujurnya kami sudah merencanakan yang terbaik untuk daerah ini, tapi apa daya, pandemi memberikan pelajaran bagi kita semua untuk senantiasa bersabar,” ucapnya. Seperti diketahui, tahun ini merupakan tahun terakhir atas kepemimpinan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wabup Yanny Ronny Tuuk. Tepatnya 22 Mei 2022. “Saya akan terus memberikan dedikasi kepada masyarakat Bolmong. Termasuk tetap akan mengawal Kimong yang nantinya akan memberikan dampak terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat bolmong dan BMR pada umumnya,” tutupnya. Sekadar diketahui, turut hadir Sekda Bolmong, Tahlis Gallang bersama segenap pimpinan OPD Bolmong, Camat, Kapolsek, perwakilan Danramil, sangadi, serta perwakilan masing-masing desa. (sal/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: