Uncategorized

Bupati Komit Selaraskan RPJMN 2020-2024

BOLMONG – Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menghadiri pembukaan rapat konsultasi (Rakon) regional Pulau Sulawesi, penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang dilaksanakan di Hotel Sintesea Peninsula Manado, Senin (5/8).

Rapat konsultasi itu dibuka Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, dihadiri Sekretaris Kementrian PPN/Bappenas RI Gellwyn Daniel Hamzah Jusuf, juga dihadiri para Deputi di Kementrian BPN/Bappenas RI.

Sekretaris Utama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Beppenas) Dr.Ir. Gellwynn Daniel Hamzah Jusuf, M.Sc dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Mengacu pada regulasi tersebut,  PPN/Bappenas menyiapkan rancangan awal RPJMN sebagai penjabaran visi, misi dan program presiden ke dalam strategi pembangunan nasional.

“Konsultasi regional pulau Sulawesi ini bertujuan untuk menyelaraskan target agenda pembangunan nasional dengan pembangunan daerah per pulau besar,” ujarnya.

Pertemuan itu melibatkan kabupaten/kota dari provinsi, kabupaten kota se Sulawesi unsur akademisi dan pelaku usaha.

Melalui pertemuan ini, PPN/Bappenas berharap pemerintah daerah menyelaraskan rencana pembangunannya dengan pemerintah pusat.

Kepala Bapelitbangda Kabupaten Bolmong Yarlis Awaludin Hatam mengatakan, secara garis besar rancangan teknokratik RPJMN 2020-2024 diarahkan pada tujuh sasaran utama yaitu menguatkan ketahanan ekonomi dan pemerataan wilayah, peningkatan kualitas SDM, pembangunan di bidang kebudayaan dan peningkatan infrastruktur, pelestarian lingkungan hidup serta ketahanan menghadapi bencana, stabilitas politik dan reformasi birokrasi.

“Ini merupakan agenda strategis untuk menyelaraskan rencana pembangunan antara pusat dan daerah lima tahun ke depan,” ujar Yarlis.

Menurutnya Bupati Bolmong berharap RPJMN menjadi pedoman untuk mewujudkan sinergi dalam pembangunan. Bupati juga mengatakan kata Yarlis, Kabupaten Bolmong berkomitmen menyelaraskan program pembangunan daerah dengan RPJMN.

“Infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan sumber daya manusia menjadi perhatian pemerintah daerah. Dan itu sangat selaras dengan RPJMN 2020-2014,” jelasnya.

Bolmong juga lanjutnya tengah gencar menuntaskan pembangunan infrastruktur yang bertujuan menurunkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Terutama dibidang pertanian, infrastruktur disektor pariwisata yang terus dioptimalkan agar lebih selaras dengan RPJMN 2020-2024. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close