Bolmong

5 Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Mopuya Tutup Sementara

BOLMONG – Puskesmas Mopuya Kecamatan Dumoga Utara ditutup setelah sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) di puskesmas tersebut dinyatakan positif Covid-19. Kepala Puskesmas Mopuya Deddy Papene mengatakan, para nakes yang positif Covid-19 tersebut terdiri dari bidan 4 orang, perawat 1 orang. Tak hanya itu, ada juga suami nakes 2 orang dan anak dari sopir ambulans 1 orang. ”Rawat inap, VK dan UGD ditutup hingga waktu yang tidak bisa ditentukan. Selain itu, alat rapid tes antingen kami juga belum tersedia,” kata Dedy.

Lanjutnya lagi, selain nakes, Puskesmas Mopuya juga menerima 13 pasien covid-19. ”Ditambah dengan masyarakat umum, total yang positif Covid-19 berjumlah 21 orang. Kebijakan penutupan pelayanan di Puskesmas Mopuya untuk menekan penularan Covid-19 di lingkungan puskesmas,” imbuhnya. Untuk mencegah timbulnya klaster, pihaknya langsung mengambil langkah mitigasi. Diantaranya melakukan tracing seluruh karyawan, dan melakukan penyemprotan disinfektan seluruh ruangan di gedung puskesmas. ”Semua nakes yang positif sedang melakukan isolasi mandiri,” pungkas mantan kepala Puskesmas Doloduo ini.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), dr Erman Paputungan berharap agar para nakes di Puskesmas Mopuya tetap semangat selama menjalani isolasi mandiri. Ia juga berharap kepada masyarakat Bolmong untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah. “Tetap memperhatikan protokol kesehatan jika keluar rumah, seperti pakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak dan hindari kerumunan,” kata mantan kepala RSUD Datoe Binangkang ini. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: