Bolmong

Anak Usia 12-17 Tahun di Bolmong Mulai Divaksin

BOLMONG – Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai digelar hari ini, Senin (5/7). Vaksinasi tersebut yang dipusatkan di SMK Negeri 1 Lolak, sekaligus launching Vaksin untuk para siswa yang dibuka Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan digelar serentak untuk 15 kabupaten/kota se Sulawesi Utara. Pemberian vaksinasi Sinovac ini diikuti oleh anak usia 12 sampai 17 tahun dan dengan didampingi orang tua.

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Renti Mokoginta mengajak agar para siswa yang berumur 12 tahun ke atas untuk melakukan vaksin. Sama seperti orang dewasa, anak-anak ini juga harus mengikuti screaning kesehatan awal sebelum disuntikan vaksin Sinovac, mulai dari pemeriksaan tekanan darah dan asupan oksigen, serta wawancara untuk mengetahui adanya riwayat penyakit yang diderita.

Kepala Dinas Kesehatan dr Erman Paputungan mentakan, langkah vaksinasi ini diambil untuk kesehatan dan keselamatan komunitas sekolah. Terlebih bilamana pemerintah sudah memperbolehkan sekolah tatap muka, vaksinasi adalah komponen kunci dari pembukaan kembali sekolah.

“Saat siswa divaksinasi, kami dapat melindungi keluarga maupun guru. Juga merupakan langkah sigap untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka di tahun ajaran 2021/2022 ini,” kata Erman.

diketahui, berdasarkan Surat Edaran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia nomor HK.02.02/I/1727/2021, serta mengingat adanya lonjakan kasus COVID-19 yang menimpa anak, vaksinasi bagi anak perlu segera diprioritaskan. Vaksinasi anak juga dinyatakan aman dengan adanya rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional dan persetujuan BPOM atas penggunaan vaksin jenis Sinovac untuk kelompok usia 12-17 tahun tertanggal 27 Juni 2021. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: