Bolmong

Rp 5 M untuk Pembangunan Terminal Tipe A di Bolmong

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melajui Dinas Perhubungan (Dishub) memacu pembangunan terminal Tipe A yang terletak di desa Dulangon, Kecamatan Lolak. Dalam rapat secara virtual bersama dengan Kementerian Perhubungan RI, bersama Dinas Perhubungan Bolmong di ruang rapat Bappeda Bolmong baru-baru ini, Kemenhub RI Revri Samsudin, menegaskan tahun ini pembangunan terminal Tipe A yang ada di Bolmong ditargetkan akan selesai.

“Insya Allah tahun depan terminal di Bolmong akan selesai sebagai tempat singgah, dan rencana total anggaran pembangunan terminal tipe A sebanyak 25 milyar,” kata Revri.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah 22 Provinsi Sulawesi Utara Renhard Ronald, untuk awal tahun ini lanjutan pekerjaan yang teralokasi dana pekerjaannya sekitar 5 Milyar.

Ia mengatakan, akan memperjuangkan agar pembangunan pekerjaan Terminal tipe A di Bolmong dilakukan secara multiyears kontrak. “Saat ini usulan secara multiyears kontrak tersebut, memasuki tahap pengusulan dokumen yang kini diteruskan kepada Dirjen dan selanjutnya kepada Menhub RI,” ungkap Renhard.

Lanjutnya, lokasi pembangunan terminal tipe A di Bolmong cukup besar, kemungkinan tidak semua lahan yang dihibahkan oleh Pemkab Bolmong sekitar 10 hektar itu akan dibangun terminal. Tapi sebagian kawasan akan dibangun di bidang usaha komersil. “Sebagian Kawasan Terminal akan dipromosikan kepada investor untuk dibuka usaha berupa dibangun Mol atau Hotel,” terang Renhard.

Untuk itu, Renhard mengharapkan dukungan dari Pemkab Bolmong dan masyarakat sekitar supaya secara ekonomi nanti warga sekitar terminal yang diuntungkan. “Meski hanya sebagian yang dibangun untuk terminal tapi mudah – mudahan tempat singgah angkutan umum antar provinsi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk pekerjaan pembangunan terminal Bolmong sudah tiga tahap. Untuk sekarang ini sudah memasuki tahap ke empat. Pembangunan terminal di Bolmong hanya sepertiga dari luas lahan yang dihibahkan oleh Pemkab Bolmong.

“Jika dihitung hanya tiga hektar lahan yang digunakan untuk bangun terminal, sedangkan tujuh hektar akan ditawarkan kepada investor untuk dibangun dibidang komersil berupa bangun Mall dan Hotel,” tutur dia.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Bolmong Sugih Arto Banteng, menegaskan, lokasi lahan pembangunan terminal di Dulangon tidak bermasalah. Bahkan masyarakat yang masih bercocok tanam dilokasi tersebut, jika sudah dimanfaatkan oleh Pemkab Bolmong tentu akan sendirinya akan keluar.

“Warga mendukung sekali pembangunan terminal tipe A dibangun di Dulangon. Sebab kata mereka akan menambah sumber – sumber pendapatan masyarakat sekitar, tentu secara ekonomi akan tumbuh sendirinya disekitar terminal,” tutupnya. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: