Bolmong

Yasti Terima DIPA dan TKDD Tahun Anggaran 2021

BOLMONG– Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredo Mokoagow menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dana Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021. Dokumen resmi itu diserahkan Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni, didampingi Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut Muhdi, di Hotel Four Point Manado, Selasa (1/12).

DIPA merupakan dokumen rincian anggaran belanja pemerintah pusat yang telah disusun atas dasar Keputusan Presiden yang memiliki fungsi sebagai dasar pelaksanaan anggaran. Adapun TKDD juga terdiri dari Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, DAK Nonfisik, Dana Insentif Daerah (DID), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Desa.

Pemerintah Provinsi Sulut pada 2021 menerima Dana Transfer ke Daerah senilai Rp 24,49 triliun. Dana tersebut dialokasikan dalam bentuk Belanja Kementerian/Lembaga (KL) Rp10,76 triliun atau 43,93 dan Dana Transfer sebesar Rp13,73 triliun atau 56,17 persen.

Sesuai instruksi Presiden terdapat empat fokus APBD tahun anggaran 2021 pertama yaitu meliputi bidang kesehatan seperti vaksin, lab penelitian dan sarpras kesehatan. Fokus Kedua, berfokus kepada perlindungan sosial dan kelompok rentan dan kemiskinan. Fokus ketiga, peningkatan ekonomi nasional meliputi UMKM dan fokus keempat yaitu reformasi struktural. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: