Bolmong

BI Perwakilan Sulut Gelar Festival Syariah

BOLMONG – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) membuka Festival Ekonomi Syariah (FESyar) di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Kamis (23/7). Asisten Direktur BI Perwakilan Sulut Gunawan mengatakan, kegiatan FESyar ini merupakan rangkaian kegiatan dari pusat yakni Indonesian Syariah Ekonomi Festival yang nantinya akan diselenggarakan di Jakarta.

“Bulan Oktober dan November 2020 mendatang ada agenda secara nasional. Tapi itu semua tergantung situasi akibat adanya Pandemi Covid-19. Semua kantor-kantor perwakilan menyelenggarakan Road To Fesyar sebelum masuk Indonesian Ekonomi Festival. Jadi ini rangkaian-rangkaian pendahuluan sebelum masuk ke acara puncaknya,” katanya.

Lanjutnya lagi, kegiatan ini jika tidak terbentur dengan Pandemi Covid-19, acaranya lebih besar, lebih lengkap dan ada edukasi seperti seminar, pameran, kemudian ada pasar-pasar Islami dan lomba-lomba kesenian.

“Acara ini sudah disederhanakan karena pandemi. Nanti acara seperti seminar-seminar akan diselenggarakan secara virtual yang tadinya direncanakan akan diselenggarakan di Kotamobagu,” akunya.

Menurutnya, ada dua tempat di Sulut, yakni Manado dan Bolmong Raya dan untuk BMR dilaksanakan di Kotamobagu, untuk memilih kandidat-kandidat yang akan dilombakan di tingkat KTI (Kawasan Timur) seperti tahun kemarin.

“Jadi kita pilih level Sulut, nanti yang terbaik kita akan adu di level KTI, juga akan di bawah ke level Nasional. Sebetulnya jika ada kandidat yang menang di level KTI akan juga dilombakan di level Nasional,” katanya.

Kegiatan ini juga untuk meningkatkan dan mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah khususnya di Sulut, agar menjadi sumber pertumbuhan ekonomi terutama berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Sulut. “Potensi dari syariah sendiri cukup besar khususnya di Bolmong Raya,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dari mulai 23 – 24 Juli, akan melombakan empat kategori yakni audisi Kesenian Bernuansa Islami, audisi Nasyid, audisi Kaligrafi, audisi Kreasi Busana Berbasis Kain Tenun.

Adapun pada hari ini, untuk kategori audisi Nasyid, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kotamobagu keluar sebagai juara 1, disusul Madrasah Tsanawiyah (MTs) N 1 Kotamobagu juara II. Sementara audisi Kesenian Bernuansa Islami, MAN I Kotamobagu kembali keluar sebagai juara I disusul MTs N 1 Kotamobagu sebagai juara II dan MTs Al Hikmah Kotamobagu sebagai juara III. (sal)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: