Uncategorized

MUI Sulut Keluarkan Fatwa Sesat Majelis LINI Milik Ketua Nasdem Bolmong

BOLMONG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulut mengeluarkan Fatwa Sesat kepada Aliran Tasawuf Laduna Ilma Nurul Insan (LINI), pimpinan Sukron Mamonto yang beralamat di Desa Lolak Tombolango Kecamatan Lolak. Fatwa sebanyak 10 halaman tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Umum MUI Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gafur Lc, Ketua Komisi Fatwa Drs KH Abdurrahman Latukau, dan sekretaris Dr Evra Willya MAg, tertanggal 8 Agustus 2019. Selain ketua majelis LINI, Sukron Mamonto juga Ketua Partai Nasdem Bolmong dan terpilih sebagai calon anggota DPRD Bolmong periode 2019-2024. Hingga berita ini ditulis, wartawan Pro BMR masih menunggu konfirmasi resmi dari Sukron Mamonto. Melalui pesan WhatsApp, Sukron masih menggelar rapat. ”Tunggu sebentar masih rapat,” singkatnya via pesan Whatsapp. (sal)

Upaya konfirmasi pun berlanjut kepada Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, juga selaku pengurs Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem. Berikut petikan wawancara dengan bupati. :

W: Halloo As.wr. Ibu Bupati??

Bupati Yasti : Walaksalam wr,wb.

W:  konfrimasi ibu berkaitan dengan fatwa MUI bahwa aliran Tasawuf Laduna Ilma Nurul Insan di kabupaten Bolaang Mongondow adalah aliran sesat dan menyimpang dari ajaran islam. Tanggapan ibu bagaimana?

Bupati Yasti : sebagai pemerintah daerah menghormati serta  sangat menyakini keputusan MUI Provinsi Sulawesi utara yang diberikan otoritas melakukan kajian terhadap aliran-aliran yang keluar dari ajaran islam. Dimana dengan keluarnya Fatwa MUI bahwa organisasi tersebut menyimpang dari ajaran islam (sesat)  maka kewajiban  untuk menindaklanjuti Fatwa MUI agar tidak kembali meresahkan warga kabupaten Bolaang Mongondow khususnya yang berdomisili di ibukota Lolak. 

W: Langkah apa yang akan ditempuh Pemerintah Daerah (Pemda) agar tidak kembali meresahkan masyarakat ?

Bupati Yasti : Saya segera memerintahkan Badan Kesbangpol Linmas untuk melakukan koordinasi dengan Pihak kepolisian, Kementerian Agama kabupaten Bolaang Mongondow untuk melaksanakan serta menindaklanjuti rekomendasi hasil keputusan MUI Provinsi Sulawesi Utara yang sesuai konstitusi memiliki kewenangan diyakini kebenarannya. Serta melarang organisasi tersebut beraktivitas sesuai dengan hasil putusan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Utara.

W : Pimpinan laduna ilma imam syukron Mamonto yang juga Caleg Terpilih Nasdem sekaligus Ketua DPD Nasdem Kabupaten Bolaang Mongondow tanggapan ibu?

Bupati Yasti : Selaku Dewan Pertimbangan DPP Nasdem Saya tentunya akan menyampaikan hal tersebut ke DPP Nasdem, 

W: apakah akan dikenai sanksi ?

Bupati Yasti : nantinya majelis kode etik Nasdem akan melakukan sidang berkaitan dengan Fatwa MUI tersebut dan menjadi kewenangan DPP Nasdem .

W: terima kasih ibu atas waktunya as,wr?

Bupati Yasti : Terima Kasih Kembali wasalam.


Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: