Bolmong

Bupati Dampingi Kadengkang Terima Penghargaan Kalpataru

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow mendampingi Marsidi Kadengkang, mantan Sangadi Mengkang Kecamatan Lolayan sebagai nominator penerima penghargaan Kalpataru 2019 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Penghargaan yang diterima Pak Marsidi merupakan sebuah kebanggaan bagi  warga Bolmong. Sekaligus menjadi inspirasi bagi masyarakat lain dalam melestarikan lingkungan kita,” kata Bupati.

Keberhasilan Marsidi sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MENLHK) Nomor S-144/PSKL/KELING/PSL.3/7/2019, tentang Penganugerahan Penghargaan Kalpataru Tahun 2019.

Marsidi Kadengkang mengatakan, Penghargaan ini diraih karena merintis kegiatan pengembangan energi alternatif (mikrohidro) di Desa Mengkang sehingga menjadi sumber energi listrik masyarakat, dan merintis penanaman di areal penyangga Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW).

Perjuangan Marsidi meraih penghargaan Kalpataru 2019 berawal pada tahun 2006. Saat itu dirinya masih menjabat sebagai sangadi (Sebutan untuk jabatan Kepala Desa di Kabupaten Bolmong) di Desa Mengkang, merasa tidak nyaman dengan keadaan kondisi gelap gulita setiap malam di desanya.

Ia pun berinisiatif menggerakan warganya untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dengan memanfaatkan pasokan air sungai. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close