AdvertorialBolmong

Ini Pesan Yasti Saat Hadiri Pawai Ogoh-Ogoh di Dumoga

BOLMONG– Bupati Kabupaten Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow hadiri Pelepasan Pawai Seni Ogoh-Ogoh dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 Rabu, (6/3) di Desa Adat Mopugad Kecamatan Dumoga Utara, yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga Desa Mopugad Utara dan di Desa Werdhi Agung Kecamatan Dumoga Tengah yang dilaksanakan di Lapangan Hijau Desa Werdhi Agung.

Bupati dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat hari raya nyepi tahun baru saka 1941, kepada saudara umat hindu di Kabupaten Bolmong. Ia juga mendoakan, dan berharap semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. “Perayaan hari raya nyepi ini, akan menjadikan umat hindu sebagai pribadi yang selaras dengan Tuhan yang Maha Kuasa,” kata Bupati.

Dia menjelaskan, pawai ogoh-ogoh merupakan tradisi luhur umat hindu, yang merupakan kelanjutan dari upacara Tawur Agung Kesanga, yaitu suatu ritual untuk mewujudkan keseimbangan dan keharmonisan alam semesta. “Dengan habis terbakarnya ogoh-ogoh ini, maka saudaraku umat hindu akan siap memulai kehidupan yang baru,” tambahnya.

Tak hanya itu, Bupati juga mengingatkan kepada warga bali yang sudah lama tinggal di Kabupaten Bolmong, untuk tidak lagi menyebut orang bali tapi harus menjadi warga Bolmong. Ia mengusulkan kepada warga Mopugad dan Werdhi Agung, agar tahun berikutnya Pelaksanaan Pawai Seni Ogoh-Ogoh digabungkan atau disatukan saja. Sehingga dilaksanakan secara bergantian untuk kedua tempat ini, misalkan tahun ini di Desa Werdhi Agung, dan tahun berikutnya di Desa Mopugad.

“Apabila acara ini disatukan maka pelaksanaan kegiatan akan lebih meriah dan lebih banyak menghadirkan peserta dan pengujung sekaligus dapat dijadikan obyek wisata bagi warga di Kabupaten Bolmong dan sekitarnya,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mengajak kepada warga Mopugad dan Werdhi Agung untuk mendoakan warga kita bersama yang terkena musibah longsor tambang di Bakan. “Sama-sama kita mendoakan, semoga saudara kita yang telah meninggal dunia, akan diterima oleh Tuhan yang Maha Esa,” ucapnya.

Sekadar diketahui, acara ini turut dihadiri oleh Dandim 1303 Bolmong, Letkol Infanteri Sigit Dwi Cahyono, Calon Anggota DPD-RI Dapil Sulut Cherish Harriette, Anggota DPRD Kabupaten Bol-Mong, Asisten Administrasi Umum Sekda Bol-Mong Drs. Ashari Sugeha, para calon anggota DPRD Provinsi Sulut dan calon anggota DPRD Kabupaten Boong serta Tim Kerja Humas dan Protokol Setda Bolmong. (Ind/Adve)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: