Bolmong

Yasti Usulkan di Bolmong Digelar Festival Adat Tulude

BOLMONG– Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow hadiri perayaan Adat Tulude yang dilaksanakan oleh Jemaat GMIBM Solagratia Buntalo, Kecamatan Lolak Kamis, (7/2).

Panitia pelaksana Pnt Rusli B. Nangkoda, menyambut baik kedatangan Bupati. Menurutnya, kehadiran Bupati di desa ini bagaikan pulang kampung, karena Desa Buntalo merupakan desa yang pernah ditinggali oleh keluarga Bupati, dan Bupati sendiri sering berkunjung di Desa Buntalo semasa keluarga Bupati berada di Desa ini.

“Menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bolmong walaupun di tengah-tengah agenda yang begitu padat, masih sempat meluangkan waktu menghadiri undangan perayaan adat Tulude Jemaat GMIBM Solagratia Buntalo dan kehadiran bupati ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan jemaat GMIBM Solagratia Buntalo,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Bolmong sangat dikenal dengan keberangaman suku, etnis dan budayanya dan salah satu etnis besar yang ada di Kabupaten Bolmong adalah etnis Masyarakat Nusa Utara, dimana setiap tahunnya melaksanakan tradisi warisan budaya leluhur yakni perayaan adat tulude.

“Apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pengurus dan anggota jemaat GMIMB Solagratia Desa Buntalo atas terlaksananya perayaan adat Tulude ini. Perayaan tulude ini merupakan momentum untuk semakin memperkuat keimanan dan keyakinan saudaraku warga Jemaat Solagratia Desa Buntalo dalam mensyukuri segala nikmat karunia tuhan dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Bupati.

Lanjutnya, adat Tulude merupakan hajatan tahunan warisan leluhur masyarakat Nusa Utara atau bisa dikatakan Adat Masyarakat Sitaro, Sangihe dan Talaud, yang tidak mungkin dihilangkan dan dilupakan oleh generasi etnis Nusa Utara.

Karena tradisi budaya tulude ini mulai diterima, bukan saja sebagai budaya tradisi masyarakat Sulawesi Utara khususnya namun sudah menjadi budaya bangsa pada umumnya, sebab dimana ada komunitas masyarakat Nusa Utara sudah pasti disitu juga ada acara adat tulude.

“Arti kata Tulude atau menulude berasal dari kata Suhude yang artinya menolak, sehingga Tulude dapat diartikan menolak atau meninggalkan hal -hal buruk yang telah dilakukan di tahun sebelumnya dan menyongsong tahun yang akan datang serta tulude ini juga dilakasanakan dalam suasana persaudaraan sebagai ucapan rasa syukur kepada tuhan yang maha kuasa atas limpahan berkah yang telah diberikan selama satu tahun,” jelas Bupati.

Dijelaskan, selain bermakna sebagai spiritual, tulude juga dapan memberikan edukasi dan wawasan kepada masyarakat, sebagai bentuk implementasi terhadap upaya untuk menbangun dan melestatikan budaya daerah.

“Acara adat Tulude ini merupakan acara yang sangat populer dikalangan masyarakat Nusa Utara, sehingga pada tahun 2015 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) telah menetapkan acara adat Tulude masuk dalam deretan Warisan Budaya Bangsa Indonesia,” tutur Bupati.

Yasti mengaku, dirinya pernah dianugerahkan gelar sebagai tokoh adat Sangihe pada saat berkunjung di Kabupaten Kepulauan Sangihe dimana gelar adat tersebut yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya “penyambung lidah rakyat.”

Menariknya, tahun depan nanti Yasti mengusuklkan, agar dilaksanakan Festival Adat Tulude secara meriah dan pesertanya berasal dari desa-desa yang beretnis Nusa Utara, dimana Festival Adat Tulude ini nantinya dapat menjadi Potensi Pariwisata di Kabupaten Bolmong.

“Atas nama Pemkab Bolmong memberikan sumbangan berupa uang senilai 20 juta rupiah, kepada Jemaat GMIBM Solagratia Buntalo untuk membantu menyelesaikan Pastori dan pagar gedung gereja,” katanya mengakhiri.

Sekadar dimetahui, turut hadir dalam acara ini Camat Lolak dan Kapolsek Lolak, Calon Anggota DPD-RI Nona Cherish Harriette Mokoagow, BA, MBA, Calon Anggota DPR-RI Kamran Muchtar, ST, Calon Anggota DPRD Provinsi Sulut, Mohammad Wongso, ST, serta Calon Anggota DPRD Kabupaten Bolmong juga selaku Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Bolmong, Sukron Mamonto, SE, MM. (Ind)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: