Kotamobagu

Disparbud Gagas Mesium Online

Agung Adati

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU– Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggagas satu terobosan baru dalam pelestarian benda-benda peninggalan sejarah. Terobosan ini berupa mesium online, dimana dalam website tersebut  memuat khusus soal benda-benda peninggalan sejarah daerah suku Bolaang Mongondow.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Agung Adati, dengan adanya mesium online, maka  masyarakat dengan mudah memperoleh informasi sejarah hanya dengan menggunakan smartphone.

“Teknologi sekarang semakin berkembang. Ini kita manfaatkan untuk menyimpan informasi atau data soal peninggalan sejarah daerah.

Lanjut Agung, dalam website tersebut memuat soal benda-benda peninggalan sejarah pada masa kerajaan Bolaang Mongondow serta penjelasan-penjelasannya. “Apa nama benda itu, penggunaannya dan termasuk keberadaannya saat ini akan ada dalam website itu. Salah satu contoh adalah alat musik rambabo yang pada jaman dahulu itu digunakan sebagai pengiring tarian adat sebagainya,” tambahnya. (ddj)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: