Kotamobagu

Kesehatan Ternak Modal Utama BisnisTernak Ayam

Ilustrasi peternakan ayam.

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU – Salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kota Kotamobagu bagi pengembangan usaha ternak adalah dengan melakukan pengawasan terhadap aktivitas peternakan di Kotamobagu.

Menurut Kepala Bidang Peternakan, Manaf Pudul, kesehatan hewan merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap peternak, karena menjadi penentu keberhasilan usaha ternak unggas.

“Kalau semua ayam yang dipelihara sehat, maka bisnis akan jalan terus dan berkembang,” sebutnya.

Data di Bidang Peternakan, ada 67 tempat peternakan ayam yang tersebar di empat wilayah kecamatan. Semua tempat itu katanya diawasi agar terbebas dari serangan berbagai jenis penyakit, seperti flu burung dan lainnya.

“Kami datang ke setiap kandang. Selain mendata kita beri sosialisasi penerapan biosecurity maupun cara menjaga kebersihan kandang,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Kota Kotamobagu juga saat ini telah memiliki dokter hewan yang siap menangani dan mengatasi berbagai keluhan masyarakat soal kesehatan hewan.

“Kalau ada yang membutuhkan tenaga dokter hewan itu, bisa menghubungi kami untuk ditindaklanjuti,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pebisnis ternak ayam pedaging, Dade Putong, mengakui flu burung dan berbagai penyakit hewan lainnya menjadi ancaman tersendiri bagi para peternak.

“Kehawatiran  kami hanya pada penyebaran flu burung. Tapi dengan adanya pengawasan dari pemerintah ini, tentu kami peternak bisa dengan mudah mendeteksi dan mencegah ancaman penyakit yang kerap menyerang hewan,” ujarnya.(ddj)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: